Gak Perlu Pake Calo, Begini Cara Urus Balik Nama STNK BPKB Sendiri.. Gampang!

Gak Perlu Pake Calo, Begini Cara Urus Balik Nama STNK BPKB Sendiri.. Gampang!

31 Mei 2020 0 By permanatriaz

Siap nih yang mau beli motor atau mobil bekas? Nah.. sebelumnya beli motor atau bekas itu baiknya juga mesti tau cara urus balik nama STNK BPKB kendaraan bermotor.

Membeli motor atau mobil bekas memang memiliki daya tarik Ter sendiri. Asal pintar mencari unit terbaik dan pintar nego harga, kita bisa menghemat yang lebih banyak dibanding beli dalam kondisi baru.

Namun ada satu hal yang bikin agak males saat membeli motor baru, yakni mengurus proses balik nama STNK dan BPKB kendaraan. Saking males dan khawatir repot dan rumit, enggak sedikit juga ada orang yang menyerahkannya kepada calo atau bisa juga ke agen biro jasa.

Saya termasuk orang yang mengira cara urus balik nama STNK dan BPKB sangat rumit, namun kenyataannya enggak kok. Cukup Luangkan waktu & banyakin sabar insya Allah STNK selesai dalam waktu 1 hari.

Cara Urus Balik Nama STNK BPKB

Pertama-tama siapkan dulu beberapa berkas yang dibutuhkan, diantaranya:

  • Foto copy STNK 2 lembar
  • Foto copy BPKB 2 lembar
  • Foto copy KTP 2 lembar
  • Foto copy kwitansi pembelian 2 lembar

Jangan lupa bawa semua berkas-berkas asli ya,Β  FYI nih bro saya tinggal di Jakarta Barat kemudian alamat pemilik sebelumnya tertera di STNK ada di Jakarta Selatan. Jadi proses cara urus balik nama STNK BPKB saya lakukan di Polda Metro Jaya bukan di Samsat Jakarta Barat.

Pertama yang mesti didatangi adalah bagian cek fisik. Enggak seperti di Samsat Jakarta Barat yang hanya ada 2 petugas,Β  di Polda Metro Jaya ada banyak petugas yang siap melayani. Efeknya antrian di bagian cek fisik terbilang sedikit. Nanti juga di tanya keperluannya untuk ganti plat atau balik nama. Oh iya biaya cek fisik dikenakan 20 ribu rupiah.

Selanjutnya berkas cek fisik diserahkan diloket 2 atau loket yang sesuai dengan keperluan, tinggal tunggu giliran plat nomor dipanggil deh tuh & diserahkan kembali berkasnya.

Setelah dari lokasi cek fisik, proses selanjutnya bergeser ke gedung Kantor Bersama Samsat Polda Metro Jaya. Berhubung yang saya urus adalah sepeda motor maka saya diarahkan ke lantai dua. Nanti disana tinggal datangi komputer yang tersedia untuk cetak form secara otomatis, tinggal input plat nomor, no HP & alamat email maka data akan keluar sendiri.

Itu untuk yang enggak memiliki tunggakan pajak loh ya, kalau ada tunggakan mesti ke lantai 3 urus SKP Pajak. Kalau sudah selesai bisa balik ke lantai 2 untuk menyerahkan berkas-berkas kepetugas terkait.

Selanjutnya tunggu nama dipanggil & turun ke lantai 1 untuk menyerahkan berkas tersebut. Enggak lama kemudian langsung dipanggil lagi & berkas dibawa ke lantai 2 lokel semula.

Nah disini nih anda mesti banyak-banyak sabar menunggu dipanggil, karena saya sendiri mengalami banyak didahulukan oleh orang-orang yang datang belakangan. Entah mereka calo atau orang biro jasa, atau siapa, saya dari jam 11 nunggu sampai jam 2 siang baru dipanggil. Itu pun setelah saya tanya berkali-kali, baru dicek berkas saya hehehe.

Setelah dipanggil, saya diberikan kembali berkas yang telah dilengkapi dengan nota tagihan biaya pajak yang mesti dibayar di loket Bank DKI. Setelah lunas saya kembali menyerahkan berkas & bukti pembayaran, kemudian dipanggil kembali dan STNK baru atas nama saya telah terbit.

STNK sudah selesai, proses terakhir tinggal urus BPKB-nya bro. yang ini gampang kok, tinggal bawa berkas foto copy STNK baru, foto copy kwitansi beli motor bekas, foto copy cek fisik ke Gedung Biru Polda Metro Jaya.

Urus BPKB di Gedung Biru Polda Metro Jaya

Di Gedung Biru nanti proses pertama yang mesti dilakukan adalah cetak formulir otomatis yang tersedia dikomputer. Kemarin saya sih di bantu oleh ibu petugas. Selanjutnya tempel ID Card yang diberikan di lobby depan untuk ambil nomor antrian bank DKI.

Selanjutnya tinggal bayar deh, habis dibayar nunggu lagi nomor dipanggil. Kalau sudah dipanggil langsung serahkan berkas beserta BPKB asli.

Kalau sudah menyerahkan berkas, selanjutnya naik ke lantai 2 dengan membawa tanda terima serah berkas. Tinggal duduk manis daaaaaan…. BPKB selesai.

Memang membutuhkan usaha & mengorbankan waktu & tenaga, tetapi dengan demikian kita jadi tau alur cara urus balik nama STNK BPKB sendiri. Sudah tentu biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah ketimbang pakai biro jasa atau calo.

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...