Beredar Kabar Data AISI Mei 2020, Penjualan Sepeda Motor Honda Merosot Drastis!

Beredar Kabar Data AISI Mei 2020, Penjualan Sepeda Motor Honda Merosot Drastis!

22 Juni 2020 1 By permanatriaz

Cukup kaget saya mendengar kabar tentang data AISI Mei 2020 beredar dijagad blog dan media online roda dua. kabarnya AHM yang menjadi rajanya penjualan sepeda motor di Indonesia ternyata mesti menerima kenyataan yang pahit pada periode penjualan bulan Mei 2020.

Sebenarnya bukan cuma AHM saja sih yang terkena dampak merosotnya penjualan sepeda motor, mayoritas brand lain juga banyak yang terkena dampak akibat wabah Covid-19.Β  Jauh dari posisi anteng, ternyata kabarnya penjualan AHM dibulan Mei 2020 singit dan merosot tajam loh bro.

Saya sadur dari artikel otomotifnet.com Jika pada bulan April 2020 Honda masih mampu terdistribusi sebanyak 94.448 unit, ternyata dibulan Mei 2020 hanya 443 unit saja.

Luar biasanya Kawasaki justru sebaliknya nih bro. Dibanding bulan April yang hanya mampu mendistribusikan sepeda motor sebanyak 111 unit, pada data AISI bulan Mei 2020 Kawasaki meningkat 358% atau sebanyak 398 unit sepeda motor.

Suzuki juga mengalami penurunan distribusi pada data AISI Mei 2020. Jika pada bulan sebelumnya mampu mendistribusikan sepeda motor sebanyak 1.206 unit, pada bulan Mei 2020 hanya tembus 546 unit saja. Namun meski begitu ternyata ada fakta unik nih bro, akhirnya dibulan Mei 2020 Suzuki berhasil salip Honda jadi merek sepeda motor terlaris versi data AISI Mei 2020.

Lantas bagaimana dengan Yamaha? meski banyak yang menulis dengan judul Suzuki mengalahkan penjualan Yamaha di bulan Mei 2020 namun faktanya tidak ada satupun artikel yang menampilkan data penjualan Yamaha.Β  Wah, bagaimana bisa kalah kalau datanya saja tidak tau?Β  πŸ˜†

Enggak mengagetkan sih, karena memang sebenarnya KPPU sudah melarang untuk menyebar luaskan data AISI kepada publik. Mungkin itu yang menjadi alasan kuat mengapa Yamaha menutup rapat-rapat data distribusi mereka.

Saya sempat coba tanya ke sumber yang menurut saya bisa dipercaya, tetapi perlu dicatat bahwa ini bukan informasi resmi ya. Infonya angka penjualan yang berhasil dicapai oleh Suzuki itu setara dengan penjualan salah satu dealer Yamaha.

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...