Menang Terus di MotoGP Musim 2020, Hak Konsesi KTM Dicabut! Lantas Apa Dampaknya??

Menang Terus di MotoGP Musim 2020, Hak Konsesi KTM Dicabut! Lantas Apa Dampaknya??

24 Agustus 2020 0 By permanatriaz

Tahun 2020 memang menjadi tahun yang manis bagi tim KTM dipentas MotoGP, KTM tabil diposisi 10 besar disetiap serinya. Namun dilain sisi pabrikan asal Austria tersebut mesti menerima kenyataan bahwa hak konsesi KTM dicabut, buntut dari performa KTM yang bersinar terang.

Ya para pembalap KTM baik dari tim pabrikan maupun tim satelit sama-sama berhasil menggebrak gelaran MotoGP sejak awal perlombaan dimulai. Hasilnya para pembalap KTM mampu mendominasi podium dibeberapa seri MotoGP yang sudah berlangsung.

KTM berhasil meraih kemenangan pertama mereka melalui penampilan gemilang rookie KTM Factory Racing Brad Binder di Brno, Republik Ceko pada 9 Agustus 2020. Selanjutnya 3 minggu kemudian Miguel Oliveira cetak sejarah jadi pembalap Portugal pertama yang memenangi grand prix kelas premier. Sekaligus mempersembahkan kemenangan pertama bagi tim KTM Tech 3 di MotoGP Styria 2020.Β  Terakhir Pol Espargaro mempersembahkan podium ke-3 untuk pabrikan KTM dikandangnya sendiri.

FYI nih bro, hak konsesi diberikan kepada semua pabrikan yang bergabung dengan MotoGP sejak 2013 dan juga buat mereka yang belum pernah meraih kemenangan selama periode tersebut.

Nah enaknya tim pemegang konsesi punya kesempatan buat melakukan tes di trek manapun yang mereka pilih. Selain itu mereka juga memiliki enam wildcard sepanjang musim.

Hak Konsesi KTM Dicabut

Secara hitung-hitungan diatas kertas tim KTM sudah mencapai batas poin maksimal untuk mendapatkan hak konsesi.Β  Atau dengan kata lain hak konsesi KTM dicabut deh. Nah gimana ngitungnya? ini dia aturan mainnya bro.

Supaya dapat hak konsesi, pabrikan enggak boleh meraih skor lebih dari enam poin konsesi selama periode dua tahun. Nah kalau batas itu enggak dilewati dalam jangka waktu dua tahun maka poin mereka akan kembali nol.

Adapun perhitungan poinnya yakni tiga poin untuk satu kemenangan, dua untuk finish kedua dan satu untuk finis peringkat ketiga. Saat enam poin diraih, maka hak untuk melakukan tes secara bebas enggak tak terbatas otomatis dihapuskan.

Melebihi poin konsensi, jatah mesin untuk KTM juga bakal dikurangi dari sembilan menjadi tujuh untuk musim 2021. Selain itu, KTM juga cuma akan dikasih tiga slot wildcard saja.

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...