First Impression Yamaha MT-07: Moge Ideal Buat Postur Tubuh Orang Asia!

First Impression Yamaha MT-07: Moge Ideal Buat Postur Tubuh Orang Asia!

1 September 2020 0 By permanatriaz

Setelah resmi meluncur secara virtual beberapa hari lalu, kemarin permanatriaz.com beruntung menjadi blog yang pertama kali mendapatkan kesempatan first impression Yamaha MT-07 & Yamaha MT-09 2020. Pada artikel kali ini saya akan membahas Yamaha MT-07 terlebih dahulu ya bro.

Sebenarnya saya sudah lama tau akan keberadaan moge 2 silinder crossplane keluaran Yamaha ini, hanya saja sebatas lihat gambar dan tonton videonya di internet.  😆

Hanya sebatas melihat gambar & videonya di internet saja ternyata belum mewakili wujud asli Yamaha MT-07. Terbukti saat fisrt impression Yamaha MT-07 saya masih terpesona oleh kegagahan & ketampanan si MT-07 ini, ternyata aslinya jauh lebih keren dari pada sekedar lihat gambarnyan saja.

First Impression Yamaha MT-07

Secara kualitas, detail dan finishing Yamaha MT-07 menurut saya sangat baik sekali, bahkan jika dipaksa untuk memberikan nilai dari 0-10 saya berani kasih angka 9,8. Wajar saja karena memang saat ini Yamaha MT-07 masih didatangkan secara utuh dari Jepang.

Yamaha MT-07 ini memiliki dimensi yang enggak jauh berbeda dengan Yamaha MT-25, bahkan MT-25 lebih panjang 5 mm & lebih lebar 10 mm dari MT07 loh bro. Hanya saja Yamaha MT-07 memiliki seat height lebih tinggi dari MT-25 yakni selisih 19 mm. Saya cukup kaget saat fist impression Yamaha MT-07 kemarin, ternyata ukurannya pas banget buat saya hehehe.

Bukan cuma compact, Yamaha MT-07 juga memiliki bobot yang cukup ringan untuk sebuah moge. Ya, berkat mengadopsi sasis tubular yang ringan, Yamaha MT-07 memiliki bobot hanya 164 kg saja loh bro.

Dengan dimensi yang compact & bobot yang cukup ringan, Yamaha MT-07 merupakan motor yang ideal buat rider dengan postur tubuh khas orang Asia. Saya yang memiliki tinggi sekitar 170cm dan bobot 54kg terlihat masih pantas menunggangi moge seharga 240 juta ini.

Meski masih menggunakan suspensi depan teleskopik, shock bawaan Yamaha MT-07 ini ternyata sudah full adjustable bro. Bukan hanya suspensi depan, suspensi belakang melintang juga bisa diaturn reboundnya.  Dengan demikian maka suspensi dapat diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengendara.

Terakhir nih bro, sektor mesin merupakan daya tarik tersendiri bagi Yamaha MT-07. Jangan terkecoh dengan mesin yang hanya 2 silinder ini bro, karena mesin ini bukan mesin 2 silinder pada umumnya. FYI Yamaha MT-07 menggunakan mesin 2 silinder CROSSPLANE 689cc yang mampu menghasilkan torsi maksimal Hhngga 68 Nm pada 6500 RPM dengan total 73,7 Horse Power.

Di mesin 2 silinder Yamaha MT-07 jarak pin antara piston dibuat 270 derajat, yang diklaim membuat akselerasi menjadi lebih kuat dan menghasilkan traksi maksimum pada ban. Konvigurasi itu tersebut juga membuat torsi MT-07 merata di setiap putaran mesin yang menghasilkan performa terbaik pada mesinnya. FYI mesin crossplane ini diadopsi dari mesin MotoGP Yamaha M1 loh bro.
Menurut saya justru mesin 2 silinder crossplane ini suaranya lebih menarik ketimbang mesin 2 silinder inline. Silahkan ditonton video dibawah ini:


Bonus foto-foto first impression Yamaha MT-07:

 

 

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...