Banyak Tim yang Bermasalah, Suzuki yang Paling Siap Rebut Gelar Juara Dunia MotoGP 2020

Banyak Tim yang Bermasalah, Suzuki yang Paling Siap Rebut Gelar Juara Dunia MotoGP 2020

19 Oktober 2020 0 By permanatriaz

Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, gelaran MotoGP kali ini berlangsung sangat seru dan menarik. Terbukti hingga 10 seri berlalu, perebutan point klasmen juara dunia MotoGP 2020Β  berlangsung sangat ketat.

FYI perebutan point klasmen terkini sangat rapat banget bro. Peringkat pertama ada Alex Rins sebanyak 121 point, kedua Quartararo sebanyak 115 point. Kemudian ada Maveric Vinales peringkat ketiga sebanyak 109 point, keempat ada Dovizioso sebanyak 106 point dan kelima ada Nakagami sebanyak 92 point.

Uniknya pada musim 2020 kali ini banyak pabrikan yang memiliki permasalahan masing-masing yang. Sebut saja Honda yang mesti rela keluar dari persaingan perebutan gelar juara dunia karena Marc Marquez absen panjang. Bukan cuma Honda yang punya masalah, Yamaha & Ducati juga punya masalah yang enggak kalah serius.

Yamaha dimusim 2020 menurut saya berpeluang tipis untuk bisa meraih gelar juara dunia, meskipun Quartararo beberapa kali tampil cemerlang. Ya alasannya sangat jelas, karena saat ini Yamaha sedang dilanda krisis mesin.

Menurut saya Ducati sih yang paling nyesek banget karena kemungkinan musim ini mereka gagal memanfaatkan tersingkirnya Marc Marquez dari perebutan gelar juara dunia MotoGP 2020. Alasannya sangat jelas, karena Ducati selama 3 musim terakhir tertahan di peringkat kedua karena Dovizioso kalah dari Marc Marquez.

Sebenarnya saat ini Dovizioso masih berpeluang besar untuk jadi juara dunia MotoGP 2020. Dovizioso hanya tertinggal 15 point dari peringkat pertama, sedangkat race masih tersisa sebanyak 4 seri lagi atau masih ada 100 point maksimal yang bisa diperebutkan.

Namun sayangnya Dovizioso sudah resmi berpisah dari Ducati pada musim berikutnya. Alasannya Ducati tidak bisa memenuhi permintaan naik gaji yang diminta oleh Dovizioso. Ya semoga saja Dovi bisa bersikap professional ya bro, sehingga tetap tampil all out meski sudah pasti hengkang dari Ducati.

Suzuki Berpeluang Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

Saat ini menurut saya Suzuki merupakan tim yang paling siap untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2020. Disaat yang lain sedang dilanda masalah, justru tim Suzuki sedang bagus-bagusnya & para pembalapnya juga sedang on fire.

Terbukti Joan Mir & Alex Rins bisa tampil konsisten berada dibarisan depan dibanyak race yang sudah berlangsung.

Jika Ducati ditangan Dovizioso enggak tampil cemerlang, menurut saya peluang Suzuki ditangan Joan Mir sangat berpeluang untuk jadi juara dunia MotoGP 2020.

Lantas bagaimana dengan Yamaha ditangan Quartararo yang masih bertengger diposisi ke-2 klasmen sementara..? Analisa saya, doi tetap berat untuk jadi juara. Ya mungkin di sesi kualifikasi Quartararo bisa sering berada paling depan, tapi di race bakal beda lagi ceritanya.

Saat sesi kualifikasi mungkin motor Yamaha M1 doi bisa dipacu dengan kemampuan maksimal. Namun saat race menurut saya enggak bisa, karena sudah jadi rahasia umum kalau Yamaha sedang dilanda krisis mesin. Tentu mengutamakan daya tahan mesin hingga musim berakhir juga sangat penting, meskipun resikonya pembalap bakal kesulitan mempertahankan posisinya. Apalagi permasalah ban juga jadi kendala yang sangat serius juga acapkali mesti dihadapi oleh Quartararo.

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...