Yamaha Yard Build Indonesia: 4 Builder Beken Adu Keren Modifikasi Yamaha XSR155!

Yamaha Yard Build Indonesia: 4 Builder Beken Adu Keren Modifikasi Yamaha XSR155!

16 November 2020 0 By permanatriaz

Setelah sukses berjalan di Eropa dan Amerika, kini Yamaha Yard Build menyusul digelar di Indonesia. Enggak tanggung-tanggung nih bro, setidaknya ada 4 builder beker tanah air yang ikutan ajang Yamaha Yard Build Indonesia. Pertama ada Katros Garage, kemudian ada 32 Kustom, ada juga Studio Motor dan yang terakhir Lembinc.

“Bahan” modifikasi yang bakal mereka garap adalah Yamaha XSR155. FYI ada satu aturan yang mereka patuhi dalam event Yamaha Yard Build Indonesia, yakni dilarang melakukan potong sasis.

Yamaha Yard Build Indonesia

Delta Project By Katros Garage

Peserta Yamaha Yard Build Indonesia yang pertama adalah Katros Garage. Dimulai dari desain motor, Atenk katros berkolaborasi dengan Toropriant sebagai ilustrator dalam menciptakan All New XSR 155 Tracker bergaya futuristik. Sementara untuk eksekusi pengerjaanya body motor, dilakukan secara langsung oleh pihak Katros Garage menggunakan bahan plat galvanis setebal 1.2 mm. Selain body cover, bagian sasis juga diubah menggunakan pipa dengan diameter yang lebih besar agar tampilan body motor terlihat lebih gagah dan kekar.

Beralih kebagian depan motor, handle bar dan hand grip diganti menggunakan produk aftermarket dengan ukuran yang lebih lebar. Spion pun juga sama, diganti dengan merek Scarlet dengan desain bulat khas motor retro yang simpel. Untuk sistem pencahayaan, lampu depan dan belakang menggunakan LED daymaker serta lampu sein menggunakan produk aftermarket dengan ukuran kecil. Jok sendiri, dibuat dengan dua paduan motif berbeda dari MB Tech.

Memasuki area kaki-kaki. Suspensi belakang diganti menggunakan merek Scarlet dengan dua sistem penyetelan untuk pre load dan rebound. Lalu velg menggunakan velg jari-jari berbahan dasar alumunium dengan ukuran 17×3.5 inch (d) dan 17×4.5 inch (b) yang dipadukan dengan ban dual purpose buatan Shinko (depan 130/80 dan belakang 150/70). Terakhir untuk knalpot. Katros Garage menggunakan produk buatannya sendiri yang terbuat dari bahan stainless steel.

Urban Tracker By 32 Kustom

Builder lainnya yang masuk kedalam program Yard Built Indonesia adalah 32Kustom yang bermarkas di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Mengangkat tema Urban Tracker, 32Kustom memberikan banyak sentuhan perubahan pada motor All New XSR 155 agar dapat tampil lebih gahar. Hal tersebut dapat brader liat pada bagian lampu depan yang memakai dua lampu utama dengan tambahan cover protector berbentuk list behel yang terpasang hingga ke sisi kanan dan kiri body cover.

Lalu di bagian buritan belakang juga dikustom dengan memberikan lubang yang menyerupai air scoop berjumlah 4 buah. Tidak ketinggalan ban bergaya flat-track dengan ukuran besar yang terpasang semakin mempertegas aura sangar pada motor.

Rhodey By Lembinc

Selanjutnya Yamaha Yard Build Indonesia ada builder Lembinc. Berangkat dari sektor kaki2, gw pake velg Sprint 17-350 (b), dan 17-250 (d), dengan tromol d/b keluaran VND untuk R15 yang gw adjust biar bisa fit di XSR. Sedangkan ban yg gw pake adalah Shinko Big Block E804/5 ukuran 150/70 (b) dan 130/80 (d). Disektor depan, spakbor gw bikin dari plat galvanis 1.5mm dicat hitam doff dengan bracket model behel biar keliatan rugged. Headlamp, sein, dan speedometer bawaanpun gw take-out dan gw ganti dengan satu Headset unit yang mencakup lampu Daymaker 5.75”, sein LED, dan Speedometer racing keluaran Acewell.

Parts tadi gw jejelin ke cover yang gw buat custom kaya kedok dengan bahan plat galvanis 1.5mm dengan finishing cat hitam doff. Berangkat ke sektor tengah dengan mempertahankan deltabox, mesin, swingarm, dan USD bawaan XSR, otomatis gw gak sentuh bagian itunya..malahan, gw pertahanin cover tangki dan body sampingnya juga.. Karena menurut gw, tangki XSR ini adalah identitasnya yg otentik.

Tangki XSR itu beda sendiri, dia punya garis horizontal yang sengaja ditabrakin ke garis diagonalnya deltabox, itulah alesan gw kenapa ngga ngerubah cover tangki dan body sampingnya. Tapi gw nambahin kneepad custom dari bahan plat yg dibalut kulit MBTech dengan dijait pola diamond, dan gw juga ngerubah cover tangki bagian atasnya, gw bikin jadi ada bevel/cekungan kedalem buat ngesanin lebih kokoh.

Dan untuk ngebikin lebih sangar lagi, gw tambahin side guard yg nempel ke deltabox dengan bahan besi behel 12mm dan plat perforated hexagon. Bagian cover skidplate juga gw ganti pake aluminum yg gw bentuk lebih simple dengan ada 3 lobang besar biar bisa selaras dengan aksesoris plat almu bawaan XSR yg ada di bawah jok.

The Luchador By Studio Motor

Brader siapa dari kalian yang pingin banget ngerubah tampilan All New XSR 155 lo jadi kaya The Luchador buatan Studio Motor? Nih, coba intip spek kustomnya di bawah ini.

Untuk bagian body cover motor yang bergaya caferacer ini, seluruhnya di design dan dibuat langsung oleh team Studio Motor menggunakan plat galvanis setebal 1.2 mm. Sementara untuk proses painting dan airbrush, diserahkan kepada KOMET studio yang berhasil menciptakan tampilan permanent wet look effect pada paduan warna Glossy Candy Red dan Gold yang diusung oleh motor.

Untuk pencahayaan lampu depan menggunakan Projector LED aftermarket yang tidak hanya lebih terang namun juga fokus. Dan untuk lampu belakang serta sein menggunakan lampu berjenis LED. Handle bar standard juga ikut diganti dengan handle bar model clip on lansiran Rizoma.

Di sektor kaki-kaki. Untuk menambah kesan retro pada motor, Studio Motor menggunakan velg DFT jari-jari berukuran 17×3.00 inch dan 17×3.50 inch depan belakang yang dipadukan dengan ban Corsa 120/60-17 dan 150/60-17. Bagian
hub wheel depan belakang juga ikut dikustom menggunakan bahan Duralium.

Terakhir untuk sistem knalpot, Studio Motor mempercayakannya pada RockVan Exhaust yang menjadi salah satu partner dalam membangun project The Luchador.

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...