Review Yamaha GEAR 125: Jago Nanjak, Fungsional, Irit BBM, Cuma 1 Kekurangannya!

Review Yamaha GEAR 125: Jago Nanjak, Fungsional, Irit BBM, Cuma 1 Kekurangannya!

21 Desember 2020 0 By permanatriaz

Setelah puas melihat-lihat Yamaha GEAR 125 selang beberapa hari launching di Yamaha DDS Jakarta, rasa penasaran gimana rasanya ini matic baru Yamaha tiba-tiba muncul. Beruntung selang beberapa waktu saya langsung kebagian unit test ride untuk me-review Yamaha GEAR 125.

Awalnya saya menjadikan Honda BeAT sebagai patokan review Yamaha GEAR 125, maklum saja karena dari segi harga keduanya memang mepet banget. Namun ternyata saya keliru, meski harga hampir sama ternyata Yamaha GEAR 125 berbeda levelnya dengan Honda BeAT. Level Yamaha GEAR 125 berada satu tingkat diatas Honda BeAT dan mungkin lebih pas di-compare dengan Honda VariO125.

Review Yamaha GEAR 125

Performa Mesin

Nah disini banyak yang keliru menilai Yamaha GEAR 125, kebanyakan orang mengira bahwa matic ini menggunakan mesin yang sama dengan Mio M3, salah banget bro. Yamaha GEAR 125 ternyata menggunakan mesin yang sama persis dengan Yamaha FreeGo.

Starternya halus banget, suara mesin juga senyap dan untuk tipe tertinggi sudah dilengkapi dengan fitur Stop Start System. Ditest nanjak jalur puncak Bogor dengan berboncengan, performa mesin Yamaha GEAR 125 boleh dibilang sangat memuaskan banget. Tenaganya ngisi terus bro, padahal tanjakan panjang loh. Review Yamaha GEAR 125 disektor mesin sih 2 jempol deh.

Kenyamanan

Riding lebih dari 3 jam bersamaa Yamaha GEAR 125, saya enggak merasakan capek sama sekali. Riding postion pas untuk saya yang punya tinggi 170cm dan bobot 60kg.Suspensi terasa cukup pas dan terpenting jok sangat nyaman banget, bokong saya enggak merasakan kebas mesti duduk lama-lama diatas jok. Berbeda banget dengan jok Honda BeAT, Scoopy bahkan Vario series sekali pun yang terasa keras.

Pengereman

Review Yamaha GEAR 125 sektor pengereman, GEAR 125 dibekali dengan pengereman depan yang sangat mumpuni, rem terasa pakem dan empuk banget. Pokoknya ngerem Yamaha GEAR 125 sangat mudah untuk diprediksi, jadi bikin tambah pede.

Rem belakang tromol, ya biasa-biasa saja sih seperti rem tromol pada umumnya. Kombinasi keduanya menurut saya sudah sangat cukup untuk memperlambat laju Yamaha GEAR 125.

Beda banget deh dengan rem CBS yang dimiliki oleh Honda BeAT, justru saya merasa kagok dan bingung dengan rem tersebut. Saya pribadi lebih memilih rem manual atau ya kalau mau canggih pakai ABS sekalian.

Konsumsi BBM

Saya melakukan pengukuran konsumsi BBM Yamaha GEAR 125 dengan metode full to full sebanyak 2 kali. Pertama saat saya riding dari Jakarta menuju Puncak Bogor dengan kondisi jalan yang menanjak. Gaya berkendara suka-suka bahkan lebih sering gas pol, konsumsi BBM Yamaha GEAR 125 masih tembus 38,3 kilometer/liter loh bro. Segini sih menurut saya cukup irit ya, mengingat bukan diuji dengan cara berkendara eco riding, apalagi saya boncengan.

Saat turun dari Puncak Bogor menuju Jakarta, saya juga melakukan pengukuran ulang. Bedanya kali ini jalur menurun dari Puncak Bogor hingga Tajur Bogor. Selebihnya gaya berkendara juga normal-normal saja, bukan gaya eco riding ya. Luar biasa loh, konsumsi BBM Yamaha GEAR 125 masih bisa tembus 53,5 kilometer/liter!

Lantas dibandrol dengan harga mulai dari 16 jutaan rupiah apa sih kekurangan Yamaha GEAT 125…? Menurut saya sih cuma 1 kekurangannya bro, desain velg yang ngebosenin banget meskipun desain itu sebenarnya soal selera ya. Ya solusinya sih gampang, bisa direpaint atau sekalian ganti velg aftermarket biar beda sendiri hehehe.

Biar lebih puas, teman-teman bisa langsung tonton video review YamahaΒ  GEAR 125 dibawah ini ya:

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...