Bagaimana “Rasa” Yamaha R25 Bagi Owner Ninja 250 FI?

Bagaimana “Rasa” Yamaha R25 Bagi Owner Ninja 250 FI?

11 April 2016 18 By permanatriaz

Beberapa hari kemudian setelah saya ajak R25 untuk ngantor bareng, tanpa sengaja saya mendengar obrolan ringan di pantry. “Itu ada R25 diparkiran motor sport, baru liat gue.. siapa yang bawa ya?” celoteh Mas Haryono pemilik Kawasaki Ninja 250 FI yang juga teman baik saya. Langsung saja saya timpali… “emangnya kenapa? Mau nyoba lu bang?” wah…. Gayung bersambut segera dijawab “iya, penasaran gue… katanya handling dan powernya ok tuh Yaz…!!!”

DSC_2000

Sengaja saya diamkan dulu agar penasaran hehehehe, jam pulang tiba… saya sambangi ruangan Mas Haryono, saya sindir “katanya mau nyoba R25? Ayuk kita ke Panahan.. yang bawa R25 gue bang 😀 ”. Tanpa basa-basi computer yang tadinya masih menyala dihiasi beragam pekerjaan, dia cabut-cabutin kabelnya dan ditinggal keparkiran (lebay…).

DSC_2004

Dari kantor sengaja saya pilih jalan agak memutar agar jarak semakin jauh dan banyak variasi jalan yang dilalui, baik itu melintasi jalan lengang, macet parah, ramai lancar dan beberapa tikungan. Kira-kira bagaimana pandangan pemilik Kawasaki Ninja 250 FI terhadap R25? Yuk kita bahas poin-poinnya:

Skala nilai 1-10

Desain

DSC_1961

Tampak Depan

Dilihat dari depan Yamaha R25 menurut Mas Haryono layak mendapatkan nilai 9, dengan alasan bentuk lampu yang tegas, bagaikan mata elang yang siap menerkam (serius ini…).

Tampak Belakang

Bagian belakang R25 layak diberi nilai 8, dengan alasan bentuknya ideal (tidak terlalu menungging), sudah menggunakan lampu LED, apalagi jika sudah dilakukan modifikasi rear fender makin ganteng lagi ucapnya.

Tampak samping

Ini menurut beliau bagian yang paling bikin hilang nafsu, makanya dengan yakin beliau kasih nilai 5 saja. Dalam pandangannya Yamaha R25 dari sisi samping tidak menerapkan desain yang selaras, bentuk tangki seperti tidak menyatu, fairing agak terlalu ramping (dari depan padahal sudah besar), dan katanya sih enggak suka lampu sein menonjol. Oh ya satu lagi, kenapa knalpotnya tidak dikasih cover, padahal kalau pakai selain lebih aman terhadap panas juga menambah kesan mewah.

DSC_1979
Pengereman

Didukung fitur ABS, Mas Haryono yang masih trauma karena ban belakang ngelock saat hard braking sangat mengapresiasikan sisi pengereman. Beliau bilang pas…. Enak deh. Kasih nilai 8.

Performa Mesin

Dari 10 poin mas Haryono rela memberikan nilai 8, dengan pertimbangan akselarasi yang enteng sekali juga power yang mantap.

Handling

Saya sebenernya enggak kaget kalau beliau mau bilang bagus, tapi tetap saja saya kaget… waktu saya Tanya soal handling beliau mikir agak lama dan jawab… “hm…… gue kasih semua deh yaz, 10 abisnya enak banget.. enteng dan pede deh bawanya”.

 Demikian pengalaman saya berbagi tungangan bersama teman baik, semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...