Sunday Morning Riding With MT09, Bogor-Jakarta

Sunday Morning Riding With MT09, Bogor-Jakarta

20 Mei 2016 4 By permanatriaz

Hari minggu tepat jam 6 pagi, udara segar khas Bogor turut menyumbang semangat saya untuk sunmori dengan jarak lumayan jauh. Hari terakhir bersama MT09 harus benar-benar dimaksimalkan sebisa mungkin hehehe. Hari libur tentunya kondisi jalan akan cenderung lancar, kali ini saya mengandalkan riding mode normal. Start dari Tajur menuju parung, dan benar saja kondisi jalan relatif lengang dan lancar. Melihat kondisi jalan yang lengang dan lancar seperti ini secara spontan saya merasa bergairah dan jantung berdegup lebih cepat, rasanya tuh seperti untuk pertama kalinya jalan bareng pacar hehehe… Oke, saatnya menikmati potensi asli dari MT09 ini… the master of torque.

DSC_2955

Lepas dari lampu merah Jambu Dua, dengan percaya diri saya beranikan diri untuk mengail torsi sedikit demi sedikit.ย Badan sudah condong kedepan guna mengantisipasi jambakan torsi buas MT09, gigi satu sedari RPM 3000 torsi sudah terasa menyentak kali ini saya biarkan putaran mesin semakin tinggi agar merasakan sensasi jambakan khasnya. Benar saja… Padahal gas saya buka secara perlahan namun kok ya rasanya jambakan maksimal yang didapat ๐Ÿ˜€ Akhirnya nyerah juga berkutat di gigi 1. Anggapan saya agar torsi terasa lebih jinak maka saya naiknya ke gigi 2, namun itu salah… Disetiap rentang RPM dan gigi yang saya alami, torsi melimpah siap untuk dinikmati kapan saja dan di gigi mana saja hehehe. Begitupun saat motor saya ajak bermain di gigi 3, wah… Sama saja galaknya.ย Meski kaya akan torsi disetiap rentang, saya tetap merasa aman dan yakin dapat mengandalkan peranti pengereman bawaan yang sudah ABS. Yups… Power mumpuni tanpa diimbangi dengan peranti pengereman yang memadai, menurut saya sama saja menguji keberuntungan hehehe. Sejauh yang saya rasakan, rem bawaan sudah cukup mumpuni mengawal sepanjang perjalanan.

Foto Dari marlinsphoto.com

Foto Dari marlinsphoto.com

Tidak terasa sudah memasuki kawasan ciputat, wah… rasanya sudah cukup mengeksplorasi secuil potensi dari MT09 ini dan saya memilih untuk riding santai sampai di Cilandak. Sepanjang perjalanan ada satu catatan khusus saya seputar suspensi belakang. Saat melakukan pengereman suspensi terasa dive alias terasa amblas kedalam dan begitu juga saat melibas tikungan yang tidak rata, efek suspensi yang terlalu empuk cukup mengganggu handling yang sedang asyik-asyiknya. Eh… Tapi tenang.. Solusinya ada kok, suspensi dapat disetel sampai menemukan settingan terbaik atau jika masih merasa tidak puas bisa juga menggantinya dengan suspensi aftermarket.

DSC_2865

Artikel lengkap mengenai solusi suspensi bisa dibaca dari expertnya Om Leopold yang mana beliau juga sempat memiliki MT09, klik tautan artikel mengatasi kelemahan Yamah MT-09:Suspensi.

Oh ya, saya sempat merekam video singkat saat mengendarai MT09. Yang mau melihat silahkan diputar video dibawah ini:

Demikian cerita sunmori khusus edisi MT09 kali ini, semoga bermanfaat… ๐Ÿ™‚

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...