Yamaha Jepang Mengumumkan Recall R3,MT20,R25,R25A dan MT25, Selanjutnya Masing-Masing Negara Yang Menjualnya Akan Segera Mengumumkan Dengan Lebih Mendetail

Yamaha Jepang Mengumumkan Recall R3,MT20,R25,R25A dan MT25, Selanjutnya Masing-Masing Negara Yang Menjualnya Akan Segera Mengumumkan Dengan Lebih Mendetail

14 Juni 2016 30 By permanatriaz

Hari ini 14 Juni 2016, Yamaha Motor Jepang baru saja mengumumkan melalui website resminya bahwa mereka akan melakukan recall terhadap produk-produk YZF-R3A,YZF-R25,YZF-R25A,MT320 dan MT250. Nantinya akan dilakukan perbaikan dengan cuma-cuma tanpa dikenakan biaya, dan beberapa bagian yang akan dilakukan pengecekan diantaranya:

1. Prime mover (oil pump) / Gear pompa oli (YZF-R3A,YZF-R25,YZF-R25A,MT320 dan MT250)

pic_001

Karena desain yang tidak tepat maka gir pompa oli tidak mampu menyesuaikan dengan tekanan yang muncul saat pompa oli berkerja dalam putaran tinggi. Oleh karena itu gir pompa oli yang terbuat dari resin yang berkerja mengatur pompa minyak secara berkala diberbagai kondisi menanggung beban yang berlebihan, dalam kasus terburuk dapat menyebabkan gir pompa oli mengalami kerusakan, dan kemungkinan akan berdampak pada mesin.

2. Power transmission device (pressure plate) / bearing kopling (YZF-R3A,YZF-R25,YZF-R25A,MT320 dan MT250)

 pic_002

Dalam perangkat transmisi, kekuatan bearing kopling tidak cukup saat melakukan pengoprasian kopling, dapat dikatakan bearing kopling kemungkinan mengalami kerusakan. Dan dikhawatirkan terjadi kendala saat sedang bepergian.

3. Braking device (brake hose) / selang rem depan (Khusus MT320 dan MT25)

pic_003

Pada bagian selang rem depan, posisi tepat berada dekat dengan radiator. Saat sedang dalam kondisi berjalan terjadi sentuhan antara selang rem dengan radiator, dalam kasus terburuk selang rem mengalami kebocoran, dan kemampuan pengereman mungkin mengalami penurunan.

Masing-Masing Negara Yang Menjualnya Akan Segera Mengumumkan Dengan Lebih Mendetail

Selanjutnya nanti masing-masing negara yang menjual beberapa tipe sepeda motor tersebut, akan mengumumkannya kepada para konsumen dengan informasi yang lebih mendetail.

Adapun informasi yang saya peroleh bagaimana kelanjutannya di Indonesia,  PT.Yamaha Indonesia Motor Mfg, dalam minggu-minggu ini akan segera mengumumkan dan menindak-lanjuti permasalah ini.  Tipe-tipe tersebut diatas sejak rentang tahun awal produksi sampai dengan saat ini (2014-2016). Apapun kondisi unit tersebut baik bermasalah atau yang tidak bermasalah tetap akan dilakukan pengecekan dan penggantian part.

Well, jangan anggap itu merupakan sesuatu hal yang tabu, apalagi sampai phobia terhadapnya. Karena itu merupakan bentuk dari tanggung jawab perusahaan atau produsen terhadap produk yang mereka pasarkan. FYI Pengujian produk tidak hanya dilakukan di dalam pabrik sebelum produk diedarkan, tetapi monitoring tetap dilakukan setelah produk beredar dan digunakan konsumen. Dengan begitu  perusahaan mencermati dan menganalisis dengan baik keluhan yang mungkin datang dari konsumen. Keluhan tidak hanya ditindaklanjuti sekadarnya, tetapi ditelusuri kemungkinan penyebab atau asal usulnya. Maka dengan demikian, tidak sampai terjadi korban atau kerugian konsumen yang lebih besar.

333333

Contohnya saja percakapan yang saya amati di Grup Yamaha R3/MT-03 Japan, mereka sangat mengapresiasikan pengumuman tersebut, bukan malah khawatir atau menjadikan hal tersebut sebagai bahan untuk black campaign. Dan bukan hanya Jepang saja namun juga diluar negeri sana macam Eropa, Amerika dan Australia juga mengapresiasikannya.

Ini merupakan peluang Yamaha membuat konsumen semakin percaya terhadap pelayannya.

Thanks for reading….. 🙂

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...