Jangan Buang Sampah Botol Plastik Sembarangan, Yuk Kita Sulap Jadi Benda Bermanfaat!

Selain suka berkendara sepeda motor masih ada hobi lain saya yakni berwisata alam, pada prinsipnya kedua hobi tersebut memiliki keterkaitan… hehehe maklum kalau mau berwisata kendaraan yang saya pilih adalah menggunakan sepeda motor. Namun ada satu hal yang paling mengganggu menurut saya ketika sedang dalam perjalanan bahkan sampai tujuan tempat wisata, tidak bukan dan tidak lain adalah sampah yang berserakan.

foto-gunung-everest-tempat-sampah-tertinggi-di-dunia

Saat sedang berwisata didaerah pegunungan misalnya, enggak jarang saya temui sampah berserakan ditepi jurang, diantara bebatuan, dipinggir aliran sungai.

20141007194916-3-gunung-sampah-di-balik-keindahan-maladewa-001-destriyana

Mirisnya bukan hanya gunung namun hampir disemua tempat wisata banyak dihiasi dengan serakan sampah yang menumpuk, seperti wisata pantai, dan lain-lain. Tahu kah kita bahwa sampah plastik membutuhkan waktu hingga 1000 tahun agar dapat terurai?, tahu kah kita kalau orang Asia rata-rata menggunakan plastik 20kg/tahun untuk satu orang?

turtle-eating-plastic

Banyak hewan-hewan laut menelan sisa-sisa plastik karena mengira itu makanan. Albatrose sering mengira plastik adalah cumi-cumi. Sementara kura-kura sering menelan plastik karena mereka kira itu ubur-ubur. Akibat menelan plastik mereka mati karena plastik menyumbat di saluran pencernaan. Green Peace menyatakan sekitar 267 binatang laut mati karena salah pencernaan, dan 90% akibat menelan sisa-sisa plastik. Lantas apa yang bisa kita lakukan? oh…. tentu ada guys! yuk mulai sekarang jangan buang sampah sembarangan, bahkan kita juga bisa memanfaatkannya menjadi benda yang bermanfaat, enggak percaya? nih lihat saja…

3
Dari botol plastik bisa jadi sendok

Tuh... bisa jadi mug bergagang!
Tuh… bisa jadi mug bergagang!

7
Tempat sikat gigi

Bisa jadi Masker
Bisa jadi Masker
Alat peras jeruk
Alat peras jeruk

Masih banyak lagdi benda yang bisa kita buat dari botol plastik guys, penasaran bagaimana buatnya? yuk.. ditonton videonya…!

Well, thanks for reading guys…. jangan buat sampah sebarangan lagi ya!

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *