Mau Menerobos Banjir Dengan Aman? Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

Belakangan ini hujan turun lebih sering dari biasanya, khususnya dikawasan DKI Jakarta bahkan sudah terjadi banjir dibeberapa titik lokasi. Buat teman-teman yang sehari-hari beraktivitas menggunakan sepeda motor, melalui jalan yang diguyur hujan dalam waktu yang cukup panjang menimbulkan satu kekhawatiran, yakni banjir atau genangan air.

Lantas bagaimana sih tipsnya agar bisa menerobos banjir dengan aman? kalau boleh saya sampaikan pendapat, alangkah baiknya kita tetap menghindari jalan yang banjir untuk memilimalisir resiko terjadinya kerusakan pada sepeda motor.

avanza banjir 1

Namun jika memang ada alasan kuat yang mengharuskan untuk menerobos banjir tersebut, ada 4 hal yang harus teman-teman perhatikan ketika ingin menerobos banjir. Yuk kita bahas sama-sama….

1. KNALPOT

Sebelum hendak menerobos banjir pastikan nantinya kedalaman banjir yang diterobos enggak sampai menyentuh bagian ujung knalpot, caranya teman-teman bisa lihat-lihat kedalaman air terlebih dulu mungkin dengan cara melihat orang yang melintas atau melaluinya dengan cara berjalan kaki.

Apabila kedalaman air diperkirakan sampai menyentuh bagian ujung knalpot, lebih baik jangan diteruskan lagi deh guys.. resikonya besar buat si motor kesayangan. Yups.. Water Hammer siap menghantui si motor kesayangan kalau sampai masuk kedalam mesin melalui ujung knalpot.

2.FILTER UDARA

Khususnya pada sepeda motor jenis skutik, posisi box filter umunya lebih rendah dari tipe sepeda motor lainnya. Nah air juga enggak boleh sampai menyentuh bagian box filter udara tuh guys, alasannya seperti penjelasan diatas…¬† karena selain lubang knalpot, ada satu tempat lagi yang jadi biang keladi masuknya air kedalam mesin yakni filter udara.

3.CARA BERKENDARA

Nah ini merupakan kunci terpenting saat hendak menerobos banjir dengan sepeda motor, setelah yakin bawah genangan air enggak mencapai  ujung knalpot dan box filter, kendarai sepeda motor dalam kecepatan 20kpj. Enggak perlu ngotot buat ngegas, cukup dibikin stabil di 20kpj aja ya guys.. jangan sekali sekali buka tutup gas, karena dikhawatirkan nanti akan ada air yang terhisap kedalam mesin.

4.OMBAK

Nah ini nih yang enggak bisa diperhitungkan saat sedang berada ditengah  jalan saat melibas banjir.. lagi enak-enak panteng gas eh tau-tau ada mobil dari lawan arah melintas, sehingga menimbulkan ombak yang beresiko menghantam sepeda motor. Wah bahaya banget tuh guys.. ombak yang menghantam sepeda motor menjadi lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya, dan air tersebut bisa saja masuk kedalam lubang knalpot dan filter udara.

cimahi

Pokoknya apapun sepeda motor kalian, tetap waspada terhadap banjir ya guys… karena jika terkena water hammer, selain harus merogoh kocek cukup dalam.. juga akan memakan waktu perbaikan cukup lama. dikarenakan crank case ada nomor mesinnya guys..

Well, demikian tips singkat kali ini guys.. semoga bermanfaat..

Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *