Beberapa Modifikasi Itu Cocok Buat Orang Yang Enggak Perduli Garansi

Bagi teman-teman yang sudah lama keracunan modifikasi sih udah enggak banyak tanya lagi deh urusan garansi, namun lain hal dengan teman-teman yang baru saja memiliki sepeda motor baru khususnya Maxi Yamaha seperti NMAX, Aerox 155VVA ataupun XMAX 250 kadang saya temui pertanyaan seputar korelasi antara modifikasi dan garansi. Nah pada artikel kali ini saya akan membeberkan alasan mengapa sih modifikasi itu cocok buat orang yang enggak perduli garansi? yuk guys kita simak sama-sama..

Menurut KBBI modifikasi itu adalah pengubahan, nah dengan demikian dapat kita pahami bersama bahwa apabila kita melakukan modifikasi berarti kita sudah mengubah sepeda motor tersebut dari kondisi sebelumnya (baca: standar pabrik). Dalam dunia modifikasi sepeda motor, modifikasi dapat dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

Modifikasi tampilan ( body, ban, velg, shockbreaker dan sebagainya).

JVB-B

Modifikasi ini boleh dibilang hampir enggak ada resiko gugurnya garansi ATPM, makanya enggak heran banyak banget teman-teman yang memodifikasi sepeda motor kesayangannya disektor ini. Misalnya sekedar main cutting sticker, airbrush, tambah aksesoris tempel (bolt on), atau ganti ban lebih besar, ganti velg, pasang wind screen aftermarket, dan lain-lain. Namun apabila salah perhitungan modifikasi disektor ini juga bisa menyebabkan kerusakan dan kerusakan itu tentunya ditanggung sendiri loh. Misalnya seperti mengganti velg terlalu besar sehingga mentok pada bagian box filter, dan sebagainya.

Modifikasi Kelistrikan

promo-motorcycle-hover

Sepertinya masih banyak teman-teman yang belum sadar sudah memodifikasi bagian ini, padahal mah sudah dilakukan dan ternyata bagian ini amat rentan beresiko mengalami gugurnya garansi ATPM. Yups memang benar guys, memodifikasi bagian kelistrikan sepeda motor secara otomatis telah menggugurkan garansi ATPM loh . Jadi meski hanya mengganti lampu senja bawaan pabrik dengan lampu senja LED saja misalnya, maka jika terjadi kerusakan pada sepeda motor maka kerusakan sepenuhnya ditanggung pemilik.

Untuk meminimalisir resiko tersebut ada satu tips yang bisa teman-teman ambil nih, pastikan aksesoris kelistrikan yang teman-teman gunakan merupakan aksesoris yang PNP ( Plug N Play) alias pemasangannya enggak pake potong kabel, kupas kabel atau merusak bawaan pabrik. Selain itu apabila sudah bosan pun, tinggal lepas aja guys… kembali dalam kondisi standar kan?

Modifikasi Mesin

pic_vol9b03

Umumnya yang sudah masuk kebagian ini sudah “ngelotok” deh ya urusan modifikasi hehehhe, biasanya teman-teman disini suka oprek-oprek mesin, bore up, ganti ECU, pasang piggy back, juice box,¬†upgrade sektor CVT, pasang corong di filter udara dan sebagainya. Semua hal tersebut secara otomatis sudah meggugurkan garansi pabrik, oleh karena itu pastikan parts modifikasi yang teman-teman gunakan memiliki kwalitas yang baik, agar selain mendapatkan performa yang lebih joss, sisi keawetannya juga dapet.

OIls-5

Apakah oli mesin yang bukan berasal dari ATPM menggugurkan garansi? sejauh yang saya untuk merek Suzuki dan Yamaha enggak harus pakai oli keluaran ATPM kok guys. Khususnya sepeda motor Yamaha, yang saya ketahui menggunakan oli merek lain enggak menggugurkan garansi ATPM namun ada syaratnya guys.. syaratnya oli harus sesuai dengan rekomendasi ATPM. Seperti apa rekomendasinya? nah silahkan teman-teman baca lagi deh buku panduan sepeda motornya.

Nah jadi begitu guys, jadi beberapa sektor modifikasi memang cocoknya buat orang yang enggak mikir garansi lagi. Lagi pula umumnya semakin seseorang keasyikan memodifikasi sepeda motornya.. tentu lama kelamaan sudah enggak begitu perduli lagi deh sama garansi hehehe… Well, modifikasi itu memang memiliki kepuasan tersendiri kok.

Thanks for reading ya guys… semoga bermanfaat!

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *