Modifikasi Yamaha R6: Rela Sunat Rangka Biar Sah Jadi Cafe Racer!

Siapa sih yang enggak kenal Yamaha R6, salah satu jajaran R Series milik Yamaha ini punya banyak pengagum. Terkenal dengan karakternya yang begitu race oriented dan memiliki body yang eksotis, sejatinya para pemiliknya enggak banyak PR lagi apabila mau memolesnya agar lebih ganteng.

Namun berbeda dengan Yamaha R6 yang saya temui diarea service CBU Yamaha FSS Jakarta, ketika itu saya enggak sempat menemui pemiliknya, sepertinya memang enggak ada ditempat. Rasa penasaran yang kuat melihat Yamaha R6 ditelanjangi habis-habisan, saya hampiri saja om Rico selaku mekanik CBU yang sedang bertugas.

DSC_2210

Setelah beberapa saat ngobrol santai dengan beliau, saya berhasil mengulik beberapa informasi mengenai si sangar Yamaha R6 tersebut guys, jadi begini ceritanya… Yamaha R6 ini dimodifikasi dengan konsep 1 motor dengan 3 gaya.

Gaya pertama dengan menggunakan full fairing standar dipercantik dengan decal khas MV25, dan Yamaha R6 ini sedang dalam “mode” harian. Kalau boleh saya bilang ini merupakan modifikasi versi ganteng sesuai dengan kodratnya nih guys hehehe.

Gaya yang kedua dengan menggunakan fairing kompetisi dan juga didukung parts racing seperti suspensi ohlins, kaliper brembo, dan sebagainya. Kalau sudah begini tandanya Yamaha R6 ini sudah siap untuk Track day. Wah seru banget ya guys..!

DSC_2201

Nah gaya yang terakhir adalah yang sedang kita lihat saat ini guys, Yamaha R6 yang sejatinya merupakan sepeda motor jenis supersport dirubah secara sporadis menjadi sebuah sepeda motor dengan gaya Cafe Racer.

Yups enggak tanggung-tanggung guys, Yamaha R6 ini rela sunat rangka biar sah jadi cafe racer! Terbukti dengan dipotongnya bagian subframe sukses membuat pangling hampir setiap mata yang memandang, “Moge apaan nih bang?”.

DSC_2194

Bicara soal modifikasi dengan konsep ala cafe racer boleh dibilang susah-susah gampang, terutama dalam menemukan part yang dibutuhkan agar sejalan dengan konsep, salah satunya urusan ban. Enggak sembarangan ban bisa cocok dipakai disepeda motor dengan konsep cafe racer, terutama urusan kembang ban itu sendiri.

Maklum saja guys, di jaman now sudah agak sulit mencari ban dengan kembang yang kental nuansa klasik. Kebanyakan yang ada dipasaran ya kembang yang harian jaman now, sport atau bahkan slick untuk kompetisi. Nah beruntung masih ada IRC nih guys, pabrikan ban besar dengan segudang pengalaman yang masih mempertahankan line up ban kembang klasik, seperti tipe NF2, NF3, NR15, NR2, dan NR6.

DSC_2192

Kembali ketopik, demi mengejar tampilan cafe racer bukan hanya rangka saja yang disunat namun juga ada beberapa part orisinil yang harus digusur dengan part yang sejalan dengan konsep, sebut saja lampu belakang, dudukan plat nomor belakang, lampu depan dan spion. Sedangkan beberapa bagian masih dalam proses pengerjaan.

Gimana menurut kamu guys? keren? sayang-sayang rangka? atau apa?  yuk diskusi dikolom komentar… 😀

Thanks for reading ya..!

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

3 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *