Salah Pasang Emblem Akrapovic, Apakah Benar Knalpot Honda New PCX 150 Modif Merek Yoshimura Original?

Cukup menarik melihat respon AHM terhadap postingan pemberitahuan dari Akrapovic Indonesia By Sphinx Motorsport perihal knalpot yang digunakan oleh New Honda PCX 150 adalah knalpot Akrapovic palsu, kemudian update yang saya peroleh bahwa akan ada tindak lanjut dari pihak Akrapovic melalui jalur hukum terhadap penggunaan knalpot palsu tersebut.

Dari pihak AHM pun langsung sigap merespon kejadian tersebut dan memberikan klarifikasi yang cukup jelas. Hal itu disampaikan oleh bapak Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis Division PT Astra Honda Motor, beliau memberikan konfirmasi bahwa knalpot yang digunakan asli termasuk untuk semua part. “Dalam modifikasi All New Honda PCX, semua part kami asli, termasuk knalpot Yoshimura,” ujar beliau.

“Sayangnya dalam pengerjaannya, terjadi kesalahan pemasangan emblem. Tim teknis kami memasang emblem Akropovic yang seharusnya tidak dipasang,” tambah beliau.

Terkait hal ini, AHM pun turut menyampaikan permohonan maaf terbuka kepada Spinx Motorsport selaku distributor resmi Akrapovic di Indonesia. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, terutama untuk Sphinx Motorsport sebagai distributor resmi Akropovic,” ujar beliau lagi.

Informasi lain yang juga saya dapatkan dari satu artikel medcom.id ternyata New PCX 150 modif berwarna merah tersebut garapan Custom Concept Industrie (CCI), bukan garapan builder Baru Motor Sport (BMS) seperti yang awalnya saya peroleh dari satu artikel otorider.com.

Mendengar klarifikasi tersebut justru muncul pertanyaan baru dalam benak saya pribadi, “jika memang knalpot tersebut semestinya pakai emblem Yoshimura, lantas apakah knalpot itu Yoshimura original?”

Dari pada menebak-nebak enggak karuan yuk mending langsung saja komparasikan berdasarkan foto-foto yang ada, silahkan disimak guys..

Knalpot Yoshimura yang di klaim Original oleh AHM yang salah pasang emblem Akrapovic di New Honda PCX 150

pcx-sport-3

Knalpot-Akrapovic-Palsu-Honda-PCX-Lokal

Foto Credit: Google Searching Engine

Sebagai perbandingan berikut saya lampirkan foto-foto knalpot Yoshimura ORIGINAL yang terpasang pada beberapa jenis sepeda motor, foto-foto tersebut saya unduh langsung dari website resmi Yoshimura.

Yoshimura Slip-On R-11 Dual Exit For BMW S1000R

Yoshimura R-11 Dual Exit Slip On BMW S1000R

1425707587_59fb66a0b0f6e602abce89fe3e400b16

Yoshimura Titanium Full System R-11 Dual Exit For Suzuki GSX-R600

180-571-8780_1

180-571-8780_4

Yoshimura Slip-On R-11 Dual Exit For Kawasaki ZX-10R

1A0-286-5580_6

1A0-286-5580_5

Sudah cukup jelas guys? wih keren-keren banget ya Yoshimura R-11 original.

Biar lebih jelas yuk kita sandingkan…

pcx-sport-3

1425707587_59fb66a0b0f6e602abce89fe3e400b16

Berdasarkan analisa sederhana saya, didapati perbedaan berikut ini:

1.Pada bagian ikatan stainless antara part silincer cap dengan body silincer, dan juga pada bagian ikatan stainless body silincer yang mengarah ke header. Pada knalpot yang terpasang pada New Honda PCX 150 modif ikatan tersebut memiliki lubang memanjang, sedangkan pada knalpot Yoshimura original yang terpasang pada BMW S-1000R ikatan stainlessnya tanpa ada lubang sama sekali. Namun pada keterangan gambar lainnya yang ada pada website resmi Yoshimura tertera juga dengan detail pengikat stainless dengan hiasan lubang memanjang namun tetap nampak berbeda, termasuk bracketnya juga berbeda.

r-11_2-sm

2.Jika memang salah pasang emblem, itu artinya emblem Yoshimura dilepas terlebih dahulu sebelum dipasang emblem Akrapovic diposisi yang berbeda. Semestinya ada bekas lubang ripet akibat mencopot eblem bawaannya pada bagian body silincer yang terlihat, bisa saja sih bekasnya hilang kalau body silincernya dibalut lembaran carbon lagi atau bisa juga pakai sticker carbon.

3.Pada bagian body silincer pada New Honda PCX 150 modif tersebut tampak seperti menggunakan material carbon glossy, sedangkan pada knalpot Yoshimura original yang terpasang pada BMW S-1000R menggunakan material carbon bukan glossy, hanya silincer cap saja yang glossy.

4. Material stainless pada silincer knalpot New Honda PCX 150 terlihat agak  kusam, coba bandingkan dengan knalpot Yoshimura original yang terpasang pada BMW S-1000R yang terlihat sangat bagus dan rapih mengkilat.

5.Pada bagian bracket  silincer knalpot New Honda PCX 150 modif terlihat menggunakan bracket warna hitam, sedangkan pada knalpot Yoshimura original seperti pada foto-foto yang terpasang pada BMW S-1000R, Suzuki GSX-R600 maupun Kawasaki ZX-10R semua menggunakan bracket warna silver bukan hitam.

6.Terakhir pada bagian ujung silincer kearah header nih guys, pada knalpot New Honda PCX 150 modif terlihat sambungannya menggunakan per. Wah apakah Yoshimura sudah menyiapkan knalpot full sytem untuk New Honda PCX 150? kalau iya berarti hebat juga ya, tetapi kok saya jadi ragu melihat kualitas headernya yang terlihat pada foto. Nah kalau bukan full system berarti ini hanya knalpot Yoshimura slip on, semestinya ikatan antara silincer dengan header menggunakan klem bukan menggunakan pengait per.

Jadi apakah benar knalpot yang dipasang pada New Honda PCX 150 tersebut adalah knalpot Yoshimura original? kalau memang iya, bisa jadi saya orang pertama yang enggak akan bersedia untuk membelinya meski dibandrol setengah harga dari harga pasaran Yoshimura R-11 original.

Gimana menurut kalian guys?

Website resmi Yoshimura klik disini.

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

31 tanggapan untuk “Salah Pasang Emblem Akrapovic, Apakah Benar Knalpot Honda New PCX 150 Modif Merek Yoshimura Original?

  • 18 Februari 2018 pada 12:29
    Permalink

    Saya yakin dengan pengamatan foto tanpa membandingkan dengan yang ori pun itu bukan ori yang terpasang pada pece’ex

    Balas
    • 18 Februari 2018 pada 15:42
      Permalink

      Nahh kan,…pabrikan sekelas Yoshimura koq bkinnya kek gitu y?? Tinggal ditnggu, apakah akan ada komplen or gugatan dri pabrikan Yoshimura nya g y??..hehe..

      Balas
        • 18 Februari 2018 pada 16:30
          Permalink

          Trivera distributor resmi yoshimura

          Balas
        • 18 Februari 2018 pada 18:55
          Permalink

          Katanya ada di kelapa gading

          Balas
  • 18 Februari 2018 pada 13:50
    Permalink

    Daripada pakai yg meragukan keaslian nya…kenapa AHM gak pasang saja knalpot lokal sekalian seperti WRX Misalnya….Dan sudah teruji Di lintasan balap
    Harga bersahabat tapi kualitas njengat….

    #salamBODOAMAT

    Balas
  • 18 Februari 2018 pada 14:25
    Permalink

    Wah jelas jelas bukan Original itu,payah banget ini orang orang ahm,
    Mereka secara tidak langsung mengkampanyekan barang bajakan.
    Menyedihkan

    Balas
  • 18 Februari 2018 pada 15:38
    Permalink

    Memalukan, ini kelas eventnya acara launching resmi dari brand pabrikan besar, bukan acara kontes modif pinggiran, mau ga mau brand hondanya jd kebawa jelek, jadi seperti meng-endorse plagiarisme, pemalsuan & hal negatif ilegal lainnya

    Balas
    • 18 Februari 2018 pada 15:58
      Permalink

      Thanks for comment om
      Well, klaim dari Pihak AHM sih semua original

      Balas
  • 18 Februari 2018 pada 16:43
    Permalink

    Wong salah ora gelem ngaku salah, judule kang…. Hehehe…. Menurut saya ,kalai pada akhire ternyata bukam kenalpot yoshimura, malah akan memperumit masalah, seakan merendahkan brand yoshimura , seakan yoshimura gak punya nama jual,,sampai harus diganti emblen akra… Padahal yoshimura sendiri brand yg cukup tersohor didunia…

    Balas
  • 18 Februari 2018 pada 16:51
    Permalink

    Laknat dari allah kalo knalpotnya gak asli.

    Balas
  • 18 Februari 2018 pada 17:27
    Permalink

    Yah habis ini digugat sphinx akrapovic sama yoshimura wkwkwk jadi double

    Balas
  • 18 Februari 2018 pada 17:30
    Permalink

    BMS sama CCI itu sami mawon mase~
    Cobak gugel lagi…

    Balas
  • 18 Februari 2018 pada 17:55
    Permalink

    Pada poin analisa poin pertama kalo dibandingkan dengan (yoshimura) yang aseli berbeda dengan motor PCX AHM. Dilihat dari ikatan ujung knalpotnya dengan ada lubang yang memanjang berbeda dengan contoh bmw s1000r tanpa ada lubang. Ehhhh di ujung tulisan ada link website yoshimura. Pas diliat kok produknya tali ikatannya ada bolongannya juga, nah loh yg aseli yang mana mas hehehe

    Balas
    • 18 Februari 2018 pada 17:57
      Permalink

      Cek foto-foto pada artikel om.
      Fokus ke model R-11
      Sengaja saya lampirkan website resmi Yoshimura agar bisa dicek kebenarannya.

      Kalau sudah buka webnya, jangan lupa ketik di search “R-11 Double Exit”.

      Biar enggak salah liat hehehe

      Balas
    • 18 Februari 2018 pada 18:02
      Permalink

      Selain itu bisa dipertimbangkan pada point-point yang lain.

      Terutama dari segi kualitas & detail finishing yang tertuang pada gambar

      Balas
    • 18 Februari 2018 pada 19:01
      Permalink

      Cek yg jelas Mase, walaupun ada lobang nya tapi tetap beda model,Asli Yoshimura model nya agak miring kalau yang di pake di pecel model nya kaya bgtu…beda mase

      Balas
  • 18 Februari 2018 pada 17:55
    Permalink

    Ntar lg distributor yoshimura angkat bicara,makin viral nih..wkwkwk

    Balas
  • 18 Februari 2018 pada 18:56
    Permalink

    Obrolan Whatsapp 2 blogger tenar.

    Blog 3 Huruf 1 : Mas , iki berita knalpot Akra KW di launching PCX kmaren piye carane kita bersikap? Britain ora? Rame iki..Bikin jenggot sariawan..

    Blog 3 Huruf 2 : ya jangan Lek.. bisa distop transferan kita dari Bos Pabrik. Kita Kompakan beritakan Tes MotoGP Buriram aja. Segala komen yg nyinggung kasus knalpot KW , moderasi aja. Atau biar di konter sama sales2 sealiran kita. Nanti kalo uda muncul berita klarifikasi yg ga blunder, baru kita beritakan. Setuju Lek?

    Blog 3 Huruf 1 : Joss Gandos. Setuju mas.

    Balas
    • 18 Februari 2018 pada 19:04
      Permalink

      Hahahaha cerdas kamu kalau buat fake fake an,pasti getol buka web fake taxi ni,

      Balas
  • 19 Februari 2018 pada 00:15
    Permalink

    Poin lain yg menarik itu begini:
    Dari pengakuan mereka di klarifikasi kan bilangnya salah tempel emblem Akrapovic di knalpot Yoshimura.

    -Brarti di statement itu mereka ngaku niatnya nih harusnya Yoshi lho, cuma kita aja salah ambil stiker jadi yg ketempel Akra.-

    Padahal statement itu jadi kontra sama barang bukti lain yg ada di TKP yaitu information sheet yg dipajang bersama unit show nya.

    Disana ngasih info soal konsep & inspirasi modif nya dimana dengan jelas AKRAPOVIC yg DISEBUT, bukan Yoshimura. Itu info sheet udah dibuat jauh2 hari sesuai konsep modif yg lagi digarap & akan dipajang kan, jd dr awal emang niatnya Akrapovic yg jadi bagian dari konsep modif.

    Otomatis kluarnya pernyataan ‘harusnya Yoshimura’ jadi makin mengindikasikan kebohongan manipulatif hanya utk berkelit dari aib.

    Apakah sekarang juga mau bilang itu salah ketik di info sheet, harusnya ketikannya Yoshimura?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *