Mitsubishi Xpander Lebih Laris Dari Toyota Avanza, Pertanda Runtuhnya Dominasi Mobil Sejuta Umat?

Mitsubishi Xpander Lebih Laris Dari Toyota Avanza, Pertanda Runtuhnya Dominasi Mobil Sejuta Umat?

14 Maret 2018 2 By permanatriaz

Jangan pernah pandang remeh Toyota Avanza, mobil keluarga ini sudah lahir sejak akhir Desember 2003 dan masih survive sampai dengan saat ini. Belasan tahun berlalu dan sudah banyak sekali para penantang Avanza yang lahir satu persatu, nah ada fakta yang cukup mengejutkan dunia roda 4 di Indonesia. Mitsubishi Xpander Lebih Laris Dari Toyota Avanza, Pertanda Runtuhnya Dominasi Mobil Sejuta Umat?

14 Tahun sudah berlalu namun Toyota Avanza masih begitu kokoh tak tergoyahkan oleh lawan-lawannya yang datang silih berganti. Sebut saja Nissan Grand Livina, jagoan Nissan ini sebenarnya sudah tampil cukup greget sejak pertama kali hadir pada tahun 2007 namun apa daya sampai saat ini masih belum bisa menggeser Toyota Avanza. Alih-alih ingin menggeser Avanza dari tahta raja dikelas Low MPV justru kini Grand Livina mulai sepi peminat.

Setelah Nissan Grand Livina kemudian giliran Suzuki Ertiga yang datang untuk menantang Toyota Avanza, Suzuki Ertiga yang lahir sejak tahun 2012 memang respon cukup baik dari konsumen mobil Low MPV,  namun kenyataannya sampai dengan saat ini masih belum mampu menjungkalkan Toyota Avanza.

Selang 2 tahun dari kelahiran Suzuki Ertiga kemudian muncul lagi 1 penantang baru dari Kubu Honda, yakni Honda Mobilio. Tepatnya Honda Mobilio rilis pada tahun 2014 lalu, bagaimana kiprahnya? masih sama dengan dua penantang Toyota Avanza lainnya Mobilio belum mampu menaklukan penjualan Avanza, berarti total sudah ada 3 penantang Toyota Avanza dimana ke-3 penantang tersebut masih belum ada yang bisa menggoyahkan kedigdayaan mobil sejuta umat tersebut.

DSC_1036

Pada bulan Agustus tahun 2017 muncul lagi penantang terakhir Toyota Avanza dari kubu Mitsubishi, yakni Mitsubishi Xpander yang sejak awal kemunculannya sudah dipesan oleh konsumen sebanyak 9.500 unit. Keseriusan Mitsubishi menggarap Xpander terlihat pada desain yang diterapkan, mungkin jika dilihat dari kejauhan anda akan sedikit kesulitan untuk memastikan apakah itu Mitsubishi Xpander atau Pajero Sport. Untuk kelas Low MPV boleh dibilang desain Xpander melebihi ekspektasi konsumen dikelas tersebut, belum lagi bicara soal fitur yang dibawa oleh Mitsubishi Xpander, rasanya wajar jika pihak Mitsubishi begitu optimis untuk geser Toyota Avanza dari tahta raja mobil Low MPV.

Tidak membutuhkan waktu yang terlalu panjang, tepat pada bulan Februari 2018 menjadi waktu yang bersejarah bagi pasar mobil dikelas Low MPV. Toyota Avanza yang begitu kokoh sejak tahun 2004 sampai dengan Januari 2018 akhirnya lengser juga oleh Mitsubishi Xpander.

Berdasarkan data Gaikindo penjualan wholesale pada Februari 2018 Mitsubishi Xpander tercatat telah berhasil terjual sebanyak 7.400 unit sedangkan Toyota Avanza hanya mampu terjual sebanyak 6.773 unit, jika dihitung maka Toyota Avanza masih kalah sebanyak 627 unit dari Mitsubishi Xpander.

Apakah ini menjadi pertanda runtuhnya dominasi Toyota Avanza yang terkenal dengan sebutan mobil sejuta umat? menurut hemat saya jawaban dari pertanyaan tersebut bisa iya dan bisa juga tidak, tergantung respon dari Toyota sendiri untuk mengembangkan Avanza pada keluaran terbaru nanti.

Larisnya penjualan Mitsubishi Xpander sudah menjadi bukti nyata, bahwa pabrikan manapun bisa mempimpin penjualan mobil selagi memiliki produk yang valuenya sangat baik. Bahkan kalau boleh saya bilang tidak bisa lagi hanya mengandalkan nama besar atau bahkan terlalu percaya diri dengan embel-embel harga jual kembali yang bagus. Konsumen kini semakin cerdas dan kritis terhadap tingkat value dari mobil yang akan mereka beli, siapapun pabrikan yang ingin memenangkan persaingan harus memberikan value yang terbaik pada produk yang ditawarkan untuk konsumen.

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...