Ini Fakta Bagus Tidaknya Harga Jual Kembali Sepeda Motor Bukan Karena Merek!

Harga Jual Kembali Sepeda Motor

Ada 2 tipe orang yang akan membeli sepeda motor yakni smart buyer dan buyer yang mengutamakan harga jual kembali sepeda motor mesti bagus. Uniknya saya temui ada tipe buyer yang meyakini bagus tidaknya harga jual kembali sepeda motor itu tergantung merek. Apakah anggapan tersebut benar?

Berdasarkan analisa sederhana, menurut saya anggapan harga jual kembali sepeda motor itu tergantung merek tertentu adalah keliru. Terbukti  tidak ada 1 merek sepeda motor pun yang bisa menjamin harga jual kembali sepeda motor mereka pasti bagus semua. Meskipun itu merek sepeda motor terlaris di Indonesia sekalipun.

Begitupun sebaliknya guys, meskipun merek sepeda motor tersebut enggak terkenal, jarang ada yang punya motornya namun ada loh yang harga jual kembali sepeda motor itu bagus banget. nih biar ada gambaran, saya lampirkan beberapa screen shoot jual motor bekas di situs jual beli olx.co.id.

Harga Jual Kembali Sepeda Motor Skutik

Harga Jual Kembali Sepeda Motor Honda Beat

Skutik entry level keluaran AHM ini memang luar biasa banget, berdasarkan data AISI April 2018 saja berhasil didistribusikan sebanyak 207.113 unit. Nah enggak hanya jago di data AISI, ternyata harga jual kembali sepeda motor Honda Beat juga bagus banget dipasaran.

Setidaknya harga jual kembali sepeda motor Honda Beat masih lebih bagus dari pada Yamaha Mio lansiran tahun yang sama.

Harus diakui memang harga jual kembali Yamaha Mio pada umumnya masih dibawah Honda Beat. Namun terkadang ada juga ditemui orang yang menjual dengan harga yang tinggi, mungkin terkait dengan kondisi motor itu sendiri.

Contohnya seperti pada gambar dibawah ini guys:

Harga Bekas Kymco Trend SR

Seperti yang saya bilang diatas guys, ada juga merek sepeda motor yang enggak terkenal namun harga jual kembali sepeda motornya bagus banget. Nih contohnya Kymco Trend SR lansiran tahun 2007. Luar biasa bukan?

Uniknya skutik asal Taiwan ini pakai ban yang enggak umum di Indonesia loh, yakni ring 10. Namun ternyata enggak ngaruh dengan harga jual kembali sepeda motor itu. Nah ngomong-ngomong soal ban ring 10, memang enggak umum banget sih disini. Namun jangan khawatir bagi kalian yang sedang mencari ban tersebut buat mengganti ban yang sudah menipis.

IRC tire ternyata juga punya line up ban dengan ring 10. Adalah IRC Tire tipe MB250M Series. Pabrikan ban terkenal dan sudah memiliki jam terbang yang tinggi tersebut mendesain ban MB250M dengan sedemikian rupa. MB250M memiliki permukaan ban yang super lebar, dengan desain kembang yang berbentuk panah. IRC Tire MB250M punya karakter yang rigid, meningkatkan traksi dan stabilitas menikung.

Harga Jual Kembali Sepeda Motor Maxi Skutik

Gambar diatas bukan Honda PCX sembarangan guys, yups.. adalah Honda PCX 150 CBU Vietnam loh yang kualitasnya jempolan punya. Honda PCX 150 lansiran 2017 lalu dijual dengan harga Rp.30.850.000,-. Padahal harga barunya itu pada tahun 2017 yakni Rp.40.525.000,-. Jika dihitung selisih antara harga jual kembali sepeda motor tersebut dengan harga baru, berarti ada penyusutan sebesar Rp.9.675.000,-.

Lantas bagaimana dengan Yamaha NMAX? unik banget nih guys. Yamaha NMAX lansiran 2017 warna merah ini tahun lalu harga barunya Rp.25.700.000,-. Pada iklan tersebut dijual dalam kondisi bekas seharga Rp.23.500.000,-. Jika dihitung maka terjadi penyusutan harga sebesar Rp.2.200.000,- saja!

Sebenarnya masih banyak lagi contoh kasus yang bisa memberikan gambaran bahwa merek bukanlah jaminan harga jual kembali sepeda motor yang bagus. Nah buat anda yang memang selalu mengutamakan harga jual kembali bagus, saran saya anda lebih baik jangan membeli motor baru. Kenapa? karena sedikit banyak pasti barang seperti itu akan mengalami penyusutan kok.

Nah lebih baik beli saja sepeda motor bekas, harga belinya lebih murah dari harga baru. Kemudian terkadang ketika ingin menjualnya kembali tentu penyusutannya enggak sebesar motor baru. Bahkan enggak menutup kemungkinan harga beli dengan harga jual sama.

Toh kalau masih ngotot mau beli motor baru dengan harga jual yang pasti tinggi, saran saya anda mesti beli sepeda motor limited edition. Misalnya seperti Ducati Desmosedici D16RR NCR M16, Ecosse Spirit, MV Agusta F4CC atau Yamaha Roadster BMS Chooper.

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

7 comments

  • keren nih artikel, mengedukasi. Thanks for sharing, Om Triaz

  • Adie

    kalau meburut saya resale value tinggi karena animo market masih kuat om baik baru maupun 2nd-nya

    jika zaman dulu Honda bisa berkuasa dengan tagline nilai jual kembali yang tinggi di hampir semua typenya karena di kelas 4T Honda bermain sendiri sedangkan Yamaha & Suzuki masih enjoy di 2T
    masuk jelang tahun 97an Kedua Brand yang enjoy di 2T mencoba keberuntungan dengan menghadirkan cub 4T yakni Crypton & Shogun serta Kawasaki dengan Kaze R jauh lebih dulu hadir namun market leader 4T masih dikuasai Honda

    Seiring berjalannya waktu pola market mulai berubah dimana antar vendor juga berlomba lomba menarik simpatik pelanggan & loyalisnya dengan perang fitur & design sebagai daya tariknya

    jadi sekarang mah nilai jual ga jaminan brand tapi model yang respon marketnya tinggi atau animonya masih kuat sehingga banyak di cari meskipun terkadang saking diminatinya user gelap mata berani bayar lebih padahal brand lain secara fitur jauh lebih bagus

    realnya untuk type matic hampir semua kelas H unggul dalam penjualan baik baru maupun 2nd tapi ada beberapa type yang harganya rada anjlok mungkin (Imho) di type Spacy dan Yamaha di kelas matic Animo market 2nd masih cukup kuat Mio Old, Xeon Series (Karbu/ Inject) Xeon GT 125, X-Ride dan Aerox 125 dibanding type matic lainnya dikelas 110-125

    oh ya mengenai di artikel mengenai Kymco rasanya hal tersebut hanya di peruntukkan untuk kolektor saja sebab jika user umum termasuk saya hal utama dijadikan patokan dalam memilih motor adalah jaminan sparepart… mungkin secara rasional (menurut saya pribadi loh) mending bayarin Grand/ Prima Lawas Mulus meskipun harganya kadang ga rasional juga . tapi itu kembali ke masing masing orangnya karena pasti beda selera beda sudut pandang

    CMIIW
    mohon koreksi jika salah
    salam 1 aspal

    • Ada benernya juga om Adi.

      Tapi animo biasa saja dimasa lalu, bisa jadi setelah setelah 10 tahun atau lebih menjadi bagus..

      Kayak RX-Z, RX King, FXR, Tiara,dll

      • Adie

        Ya om
        kalau motor lawas juga ga beda jauh… dimana animonya masih tinggi pasti di buru contoh F1ZR lebih banyak di cari dan wani mahar edan jika mulus dibanding Force-1 atau Alfa ataupun Champ begitupun dengan brand lainnya… ya hoki ajah sih jika motor yang kita miliki tenyata di beberapa tahun kemudian demandnya tinggi seperti Nouvo dulu kurang diminati karena borosnya dan banyak memilih mio eh giliran dah discontinue malah banyak yang cari begitupun

  • Dyno

    Betul sekali,merk suatu brand tidak menjamin harga jual kembali tinggi.pengalaman saya di tahun 2009 saat saya galau antara beli Honda CS1,jupiter MX,atau Satria fu.pada saat itu euforia CS1 sedang luar biasa dengan segala keunggulan nya,salah satunya mesin tegak Liquid cool basic Sonic 125,Speedo full digital,double disc brake,5 speed dll yg tentu segala fitur nya membuat Jupiter MX 135 4 speed terasa inferior.akhirnya sy putuskan untuk membeli Honda CS1.namun setelah 3 tahun pemakaian sy menemui banyak permasalahan,salah satunya sparepart yg rada susah.akhirnya CS1 saya lelang,tp luar biasa harga jual kembali nya, penyusutan nya mencapai 65 persen.padahal Jupiter MX dan satria Fu dengan tahun yang sama tidak sedrastis itu penyusutan harga jual kembali nya.

  • Rahmat aditya

    Klo Saya bkn cm pemakai, tp jg pecinta. Saya pecinta motor nmax, dan saya beli motor nmax kondisi baru. Pertama beli, saya tdk berpikir untuk menjualnya lg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *