Fungsi Lampu Hazard Mio S Ternyata Bermanfaat Saat Mudik Lebaran

Ini Fungsi Lampu Hazard

Ternyata ada loh hubungannnya Fungsi lampu hazard dengan mudik lebaran. Bicara soal mudik lebaran, ada banyak cara yang biasanya dilakukan oleh para pemudik untuk pulang ke kampung halaman. Mulai dari naik mobil pribadi, naik bus, naik travel, naik kereta, naik perahu dan ada juga yang mudik naik pesawat.

Selain itu ada satu cara lain yang juga dilakukan oleh para pemudik yakni naik sepeda motor. Ngomong-ngomong soal mudik naik sepeda motor, ternyata Mudik naik Mio S juga bisa loh guys.

Bukan cuma bisa saja guys, namun mudik naik Mio S juga asik dan nyaman nyaris disetiap kondisi salah satunya saat dalam kondisi darurat. Bukan tanpa sebab sih, karena ada 1 fitur yang disematkan pada Mio S dimana fitur tersebut tidak dapat ditemui pada produk kompetitor sekelas yakni Hazard. Meski fungsi lampu hazard sering dianggap remeh, ternyata dalam keadaan darurat sangat bermanfaat loh

Fungsi Lampu Hazard Mio S

FYI nih guys fungsi Lampu hazard atau lampu darurat ternyata sangat penting loh.¬† Nah biar tepat fungsi, mengutip dari Beritagar.id. Perlu diketahui bahwa penggunaannya telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ. Bunyinya begini nih guys: “Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan.”

Jadi selain dalam berkendara sehari-hari, fungsi lampu hazard ternyata bermanfaat banget. Apalagi ketika sedang mudik naik sepeda motor kemudian mengalami keadaan darurat, misalnya dalam keadaan seperti berikut ini:

  • Sedang berhenti karena ban bocor
  • Sedang berhenti karena kehabisan bensin
  • Sedang berhenti karena musibah kecelakaan

Nah enaknya pakai Yamaha Mio S fitur lampu hazard sudah menjadi bawaan pabrik. Tidak perlu repot-repot lagi modifikasi lampu hazard diahli kelistrikan, beresiko menggugurkan garansi pula.

Kesalahan Pemahaman Penggunaan Lampu Hazard

Penting untuk disampaikan perihal kesalahan penggunaan lampu hazard. Sampai saat ini saya sendiri masih sering menemui kesalahan-kesalahan fatal dalam memanfaatkan fungsi lampu hazard. Baik itu oleh pengemudi mobil maupun para pengendara sepeda motor, bayangkan deh kendaraan dalam posisi berjalan namun lampu hazard menyala.

Setidaknya ada beberapa kesalahan dalam memahami penggunaan fungsi lampu hazard, diantaranya:

1.Fungsi Lampu Hazard Untuk Masuk Terowongan

Suka lihat kan ketika masuk terowongan atau underpass ada saja tuh mobil atau motor yang menghidupkan fungsi lampu hazard. Mungkin maksudnya baik agar orang dibelakang lebih berhati-hati karena kondisi jalan agak gelap. Ternyata maksud baik memanfaatkan fungsi lampu hazard tersebut keliru loh, alih-alih biar aman malah bisa bikin orang lain celaka!

Coba bayangin deh guys ketika didepan ada kendaraan berjalan dengan menghidupkan fungsi lampu hazard, kemudian tiba-tiba kendaraan tersebut berbelok arah atau berpindah jalur. Yakin deh kendaraan yang berada dibelakangnya bakal kebigungan dan bisa menyebabkan kecelakaan fatal.

2.Fungsi Lampu Hazard Untuk Gaya-Gayaan Saat Touring

Terkadang saya suka menemui entah itu iring-iringan komunitas atau klub mobil, atau juga bikers yang kayaknya lagi touring berjalan sambil  menyalakan harzard. Mungkin maksudnya sih biar kelihatan lebih gaya, lebih keren dan lebih gagah kali ya, tapi percayalah itu salah dan norak banget.

Karena pada dasarnya fungsi lampu hazard hanya untuk keadaan darurat ketika berhenti, bukan digunakan saat kendaraan berjalan. Bikin bingung orang lain saja tuh guys!

3.Fungsi Lampu Hazard Untuk Berkendara Saat Hujan Turun

Ini umumnya dilakukan oleh pengemudi mobil sih, biasanya dilakukan ketika sedang berada didalam jalan TOL saat hujan turun. Lagi-lagi mungkin maksudnya agar pengemudi lain lebih berhati-hati. Namun hal ini keliru, yang tepat semestinya menghidupkan lampu kabut / fog lamp.

Well, masih banyak lagi kesalahan-kesalahan lainnya dalam memanfaatkan fungsi lampu harzard. Namun pada intinya gunakan lampu hazard hanya dalam keadaan darurat posisi sedang berhenti.

Thanks for reading guys, baca juga artikel lainnya:

Ngeri! Ini Video Penampakan Shock PCX 150 Bengkok Dipakai Boncengan!

 

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *