KPPU Larang Asosiasi Sepeda Motor dan Mobil Kumpulkan Data Penjualan

Hayo, siapa nih yang suka mantengin artikel-artikel tentang data penjualan sepeda motor dari pabrik ke dealer atau biasa mengacu pada data AISI?. Atau tentang penjualan mobil biasa mengacu pada data GAIKINDO?. Nah ternyata sekarang KPPU larang asosiasi sepeda motor dan mobil kumpulkan data penjualan loh guys.

AISI sendiri merupakan singkatan dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia. Sedangkan GAIKINDO merupakan singkatan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. Dari roda empat sendiri sudah ada Mercedes Benz yang memilih untuk menyerahkan data penjualan kepada pemerintah. FYI nampaknya Mercedes Benz dikeluarkan dari GAIKINDO karena menolak memberikan data penjualan kepada asosiasi tersebut.

KPPU Larang Asosiasi Sepeda Motor dan Mobil Kumpulkan Data Penjualan

Ketua KPPU yakni bapak Kurnia Toha mengatakan bahwa data penjualan hanya boleh diberikan ke pemerintah.

“Data-data mengenai penjualan, produksi, itu sangat penting bagi persaingan. Itu data-data yang bersifat rahasia sebenarnya,” ujar beliau di kantor KPPU, Selasa (10/7/2018).

Wow, ternyata data yang selama ini dikonsumsi publik merupakan data rahasia ya guys. Belum lagi data penjualan khususnya data AISI acap kali dijadikan alat propaganda berita oleh oknum-oknum.

KPPU Meminta APM Tidak Mengumpulkan Data Penjualan Ke Asosiasi

Selain KPPU larang Asosiasi sepeda motor dan mobil kumpulkan data penjualan dari APM (Agen Pemegang Merek), KPPU juga meminta kepada APM sepeda motor dan mobil agar tidak lagi mengumpulkan data penjualan ke asosiasi.

Bapak Kurnia Toha mengatakan bahwa pengumpulan data penjualan oleh asosiasi dapat disalahgunakan untuk melakukan pengaturan harga secara bersama-sama.

“Kalau [data dikumpulkan] asosiasi takutnya nanti disebar, jadi ketahuan market masing-masing dan itu bisa jadi kolusi. Itu potensi terjadinya pelanggaran persaingan usaha cukup besar,” ujar bapak Kurnia Toha. Hmm… pantas saja ya kalau sekarang KPPU larang asosiasi sepeda motor dan mobil untuk mengumpulkan data penjualan.

Data AISI Bukan Data Penjualan Dealer Ke Konsumen

Sekarang mengerucut pada data AISI, data ini hampir setiap bulan dibahas oleh banyak pihak.  Uniknya ternyata saya pernah mendapatkan dilapangan bahwa masih ada teman-teman pembaca yang belum paham apa itu data AISI, mereka taunya data penjualan saja.

Jadi data AISI itu merupakan data penjualan wholesales dari pabrik ke dealer. Bukan data penjualan dealer ke konsumen. Dengan kata lain, pabrikan mana yang paling banyak menjual sepeda motor berdasarkan data AISI belum tentu menjadi yang terbanyak menjual kepada konsumen.

Kok begitu? iya dong, sekarang saya tanya deh.. memangnya semua sepeda motor yang dijual dari dealer kepabrik sudah pasti langsung dibeli oleh konsumen? enggak kan. Dari sekian banyak yang dijual pabrikan ke delaer, ada yang langsung terjual dan ada yang masih numpuk didealer.

Berdasarkan DATA AISI Suzuki GSX-S150 Pernah Tidak Ada Penjualan Dalam 1 Bulan

Nah Loh, KPPU Larang Asosiasi Sepeda Motor Kumpulkan data penjualan

Kemudian lihat deh case Suzuki GSX-S150 yang pernah dalam bulan Maret 2018 tidak ada penjualan. Apakah dealer Suzuki dalam bulan itu enggak jualan Suzuki GSX-S150 kepada konsumen? belum tentu guys. Bisa saja dealer jualan Suzuki GSX-S150 ke konsumen, sayang saja enggak ada data yang bisa ditampilkan.

Mungkin buat teman-teman yang terbiasa baca dan membangga-banggakan data AISI, mengganggap ini merupakan aib buat Suzuki. Eh tapi jangan salah guys, apa yang Suzuki lakukan sudah benar. Mereka menghentikan distribusi dari pabrik ke dealer agar stock di dealer berada didalam kondisi yang ideal (tidak kurang dan tidak lebih). Kalau mereka kirim terus dari pabrik ke dealer demi gengsi data AISI semata, justru itu enggak baik buat dealer. Bisa-bisa jadi over stock!

Justru yang saya heran jika saja ada pabrikan yang terus-terusan mendistribusikan unit speeda motor dari pabrik ke dealer tanpa memperhatikan kondisi ideal dilapangan. Bayangkan gimana jadinya kalau ada dealer sudah penuh, tanpa diminta terus dijejalin stock. Apa enggak “muntah” tuh dealer?

Dengan adanya KPPU larang asosiasi sepeda motor dan mobil kumpulkan data penjualan khususnya dari APM sepeda motor, semoga saja enggak ada lagi tuh oknum-oknum yang menjadikan data AISI  sebagai alat propaganda.

Well, demikian artikel KPPU larang asosiasi sepeda motor dan mobil kumpulkan data penjualan dari APM.

Baca juga artikel menarik lainnya berikut ini:

Blogger Gembar-Gembor Data AISI, Dealer Kecil Menjerit Dijejali Stock

Sumber: CNBC Indonesia, Liputan6

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Satu tanggapan untuk “KPPU Larang Asosiasi Sepeda Motor dan Mobil Kumpulkan Data Penjualan

  • 12 Juli 2018 pada 20:04
    Permalink

    Bisa memecah belah umat. Palagi ini tahun pulitik.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *