Jika Dijual CBU, Ketersediaan Sparepart Honda Forza 250 Jadi Tantangan Serius Buat AHM

Jika Dijual CBU, Ketersediaan Sparepart Honda Forza 250 Jadi Tantangan Serius Buat AHM

31 Juli 2018 Off By permanatriaz

Kemungkinan kehadiran Honda Forza 250 di Indonesia kini sudah semakin dekat. Informasi yang berhasil saya peroleh bahwa motor gambot ini bakal hadir dalam kondisi CBU dari Thailand. Kabar baiknya sudah tentu kualitas Honda Forza 250 bakal benar-benar terjamin, namun disisi lain ketersediaan sparepart Honda Forza 250 bakal jadi tantangan serius buat AHM.

Sebagai konsumen salah satu ATPM sepeda motor dan saya merasakan betul bagaimana pentingnya jaminan ketersediaan sparepart. Untuk sparepart fast moving seperti kanvas rem, van belt, roller, gear set, dan lain-lain sudah semestinya mudah didapatkan. Sedangkan sparepart slow moving seperti panel body, jok, velg, reflektor lampu dan lain-lain setidaknya bisa di indent 7-30 hari (ada kejelasan). Semoga kondisi seperti ini juga terjadi pada ketersediaan sparepart Honda Foza 250 ya.

Sedangkan disisi lain ada teman Facebook saya bercerita tentang pengalaman buruknya ketika membeli sparepart di salah satu ATPM sepeda motor besar di Indonesia. Indent sparepart kopling sepeda motor bebek dari tahun 2014 hingga saat ini masih belum ada kabar. Kan repot banget kalau begini ceritanya, apalagi jika sepeda motor yang dipakai untuk bekerja sehari-hari. Gimana mau jalan kalau sparepart enggak ada kabar? mending ganti motor & merek aja deh.

Maka dari itu terkadang saya merasa heran banget jika ada orang atau blogger yang gembar-gembor data penjualan wholesales dari pabrik ke dealer. Padahal hal tersebut enggak pengaruh langsung dengan orang tersebut. Namun giliran ada ATPM yang punya pelayanan after sales yang buruk, kok pada diam? padahal itu sangat berpengaruh secara langsung kepada orang-orang tersebut (yang memiliki motor merek ATPM tersebut).

Ketersediaan Sparepart Honda Forza 250 Jadi Tantangan Serius

Back to the topic nih guys, nah jika memang Honda Forza 250 datang dalam kondisi CBU dari Thailand (Basis Produksi Gobal). Maka ketersediaan sparepart Honda Forza 250 bakal jadi tantangan serius. Bukan apa-apa nih guys, belum lama kawan saya kesusahan mencari sparepart Honda Scoopy lansiran 2013. Bahkan sampai ke AHASS 0001 Dewi Sartika didatangi tak juga ada stock sparepart yang dicari.

Padahal Honda Scoopy merupakan skutik yang lumayan laris dipasaran dan tentunya bukan CBU dari luar negeri. Tapi kenyataan dilapangan justru konsumen kesulitan mencari sparepart. Bagaimana nanti dengan ketersediaan sparepart Honda Forza 250 jika datang dalam kondisi CBU?

Masih hangat betul di ingatan saya tentang kasus kawan saya Om Dwi Ristianto yang sempat kesulitan untuk mendapatkan kanvas rem depan New Honda PCX 150 Lokal.  Semoga hal seperti ini enggak ditemui pada ketersediaan sparepart Honda Forza 250 ya guys.

foto credit: www.dvmoto.it

Baca juga artikel menarik lainnya:

Jika Ingin Kompetitif, Harga All New Honda Forza 250 Harus Murah & CBU

Blak-Blakan Review Yamaha Lexi Buat Nanjak Berboncengan!

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...