Adopsi Cara Start Le-Mans Style, Rider Yamaha Endurance Festival Juga Dituntut Untuk Jago Lari!

Ada yang belum tau cara start Le-Mans Style? Nanti akan saya jelaskan ya guys. Setelah ajang Yamaha Sunday Race berakhir, pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus memanjakan rekan-rekan komunitas nih guys. Maka pada akhir pekan ini (29-30 September), teman-teman komunitas akan diajak merasakan sensasi endurance atau balap ketahanan.

Besok akan berlangsung event Yamaha Endurance Festival 2018 (YEF 2018) di Sirkuit sentul, Bogor yang terinspirasi dari Suzuka 8 Hours. YEF 2018 adalah kompetisi endurance selama 1 dan 2 jam yang pertama kali dihadirkan pabrikan di tanah air. tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri apabila dapat terlibat di dalamnya.

Adopsi Cara Start Le-Mans Style

Makin spesial, nantinya saat balapan dimulai akan menggunakan cara start Le-Mans Style” (FIM EWC). Jadi seperti yang terjadi dalam balap ketahanan Le Mans, Perancis yang memang tergolong unik. Mengikuti cara start Le-Mans Style para peserta berlari kencang menyeberang lintasan menuju motor yang telah ditata sesuai dengan starting-grid berdasarkan sesi kualifikasi. Tentunya balapan ini bakal berjalan dengan sangat menarik dan menjadi tantangan tersendiri.

Bukan cuma cara start Le-Mans Style saja yang bikin seru. Manajamen waktu untuk pengisian bahan bakar harus masuk area paddock (out of the fuel). So, konteks inipun akan menjadi pengalaman berbeda dan spesial bagi para teman-teman komunitas ataupun pembalap profesional yang ambil bagian.

“Menjadi lebih unik, para pembalap yang mengikuti Endurance Race ini memulai start dengan cara start Le-Mans Style. Dimana para rider berdiri di samping trek sirkuit berseberangan dengan motor mereka yang telah disusun sesuai dengan hasil grid position. Dan ketika lampu start padam dan sirine menyala para rider langsung berlari ke sepeda motor lalu menaikinya dan menghidupkan mesin untuk kemudian memulai jalanya balapan. Tentu saja, konteks ini merupakan langkah inovatif karena event tersebut baru pertama kali dilakukan oleh pabrikan motor di Indonesia,”. Terang M Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Sehubungan pengkategorian seorang rider, apakah masuk kelompok Comm Pro, Comm A ataupun Comm B. Yamaha sudah memiliki data yang valid dan aktual berdasarkan gelaran Yamaha Sunday Race 2018. Jadi, tidak perlu diragukan lagi karena memang Yamaha sudah mengkomunikasikannya dalam 4 tahun perjalanan Yamaha Sunday Race.

3 Kelas Perlombaan

Lanjut lagi nih guy, balap ketahanan yang regulasi teknisnya cederung dengan perfoma mesin standar pabrik ini siap menghadirkan tiga kategori kelas. Yaitu Open Class 250 cc (2 hour) yang wajib menempuh perjalanan waktu balap selama 2 jam. Kelas ini bersifat terbuka untuk pengguna Yamaha YZF-R25. Boleh diikuti pembalap Profesional ataupun dari komunitas (Community). Persyaratan pesertanya bisa sesama rider Profesional ataupun kombinasi rider Profesional dan Comm Pro Rider, juga bisa sesama rider Comm Pro.

Kemudian kelas Community 250 cc (1 hour). Kalau yang ini buat rider Comm A dan Comm B ataupun sesama petarung Comm B. Terakhir ialah kelas Community 150 cc (1 hour) yang diperuntukkan untuk Comm A dan Comm B ataupun sesama petarung Comm B dengan motor Yamaha YZF-R15. Tentunya semua menggunakan cara start Le-Mans Style.

Hari Ini Latihan Bebas dan Kualifikasi

Dikarenakan ini pagelaran balap ketahanan yang pertama kalinya disajikan, maka langkah edukasi akan dilakukan pada Jumat (28 September). Berbagai hal akan dijelaskan, termasuk adanya sesi tanya-jawab bagi yang belum paham. Mereka akan diberikan pengetahuan mengenai tata cara start Le-Mans Style, pengisian bahan bakar dan ketentuan regulasi area pit lane yang akan dijelaskan oleh tim Race Direction dan Race Advisor.

Selanjutnya, pada hari Sabtu (29 September) mulai melakukan sesi latihan bebas dan kualifkasi. Untuk racenya pada Minggu, 30 September. Total hadiah Yamaha Endurance Festival 2018 ini mencapai hingga Rp. 122 juta. Tiap kelasnya akan diapresiasi hingga 10 pemenang.

Banyak Hiburan Menarik

Pada sisi lain, selain balap, Yamaha Endurance Festival turut pula menyuguhkan kegiatan hiburan dan games. Termasuk kompetisi aerobik keluarga, futsal dan slow riding bagi komunitas. Tidak ketinggalan, ribuan hadiah langsung, puluhan alat elektronik dan apparel yang dibagikan kepada pengunjung. Program sales spesial dan racing kit market serta community gathering juga diselenggarakan. Menjelang sore hari, juga siap diumumkan pemenang door prize yang berhak membawa pulang hadiah 1 unit Lexi dan 1 unit Mio S.

Update informasi terkait aktivitas Yamaha Endurance Festival dapat di cek melalui halaman resmi www.yamaha-motor.co.id dan www.yamaharacingindonesia.co.id serta event balapan Yamaha kali ini akan disiarkan pula secara langsung melalui channel YouTube (Yamaha Racing Indonesia) dan Facebook (@yamaharacingidn). Adapun pihak sponsor yang terlibat menyukseskan Yamaha Endurance Festival 2018 ialah Yamaha, Yamalube, Idemitsu, Pirelli, Motobatt, BRT Nissin dan Pertamax Turbo.

Baca juga artikel menarik lainnya:

REV Immobilizer Yamaha Aerox 155: Alarm Canggih Dengan Garansi 1 Tahun

 

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *