Biar Enggak Dibilang Mubazir, Kenali dulu Fungsi TCS Yamaha NMAX!

All New Yamaha NMAX tipe tertinggi kini dibekali fitur canggih TCS. Fungsi TCS Yamaha NMAX dapat dikatakan sangat penting sekali untuk mendukung keselamatan berkendara. Namun sayang masih banyak orang yang menganggap fitur tersebut mubazir, ada juga yang berpendapat cocoknya TCS dipasang di moge saja.

Anggapan tersebut sangat keliru sekali loh guys, karena yang berpotensi terjatuh dari sepeda motor karena ban belakang slip bukan cuma moge saja. Maxi skutik seperti All New Yamaha NMAX pun bisa jatuh karena hal tersebut. Nah untuk meluruskan kekeliruan tersebut saya akan bahas fungsi TCS Yamaha NMAX pada artikel kali ini.

TCS aka traction control system sebelumnya hanya dapat ditemui pada model Yamaha XMAX 250. Namun kini para pecinta All New Yamaha NMAX bisa juga menikmatinya loh karena Yamaha turunkan fitur tersebut ke NMAX. FYI loh guys, Yamaha NMAX merupakan Maxi skutik pertama dikelasnya yang memiliki fitur TCS, mantap!

Fungsi TCS Yamaha NMAX

Fungsi TCS Yamaha NMAX ini terbilang sangat vital, TCS berfungsi untuk mencegah roda slip saat kondisi jalan kurang baik untuk ban seperti jalan licin, berpasir dan berbatu. Dengan demikian si pengendara All New Yamaha NMAX menjadi semakin merasa nyaman dan aman.

Penjelasan teknis secara sederhana mengenai cara kerja TCS kira-kira seperti ini guys. Jika saat sedang berkendara All New NMAX kemudian menemui jalan yang menyebabkan ban slip, maka speed sensor akan memberikan informasi ke ECU. Jika putaran roda depan dengan belakang berbeda maka ECU akan berfikir terjadi slip. Kemudian ECU akan mendelay waktu pengapian, jika slip terlalu besar ECU juga akan mengatur debit bahan bakar injector, Efeknya mesin akan seperti brebet namun enggak sampai mati mesin. Nah kalau sudah melewati jalan yang normal maka mesin pun akan bekerja normal kembali.

Gimana guys sudah cukup jelas ya? hehhee.. jadi kedepan jangan sampai ada lagi yang menganggap fungsi TCS Yamaha NMAX mubazir. Wong di Eropa sana Yamaha XMAX 125cc aja sudah pake TCS juga kok!  :mrgreen:

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *