Lahirnya All New NMAX Jadi Bukti Yamaha Telah Belajar Dari Kisah Mio Vs Beat

Lahirnya All New NMAX Jadi Bukti Yamaha Telah Belajar Dari Kisah Mio Vs Beat

16 Desember 2019 1 By permanatriaz

Kisah Mio VS Beat sebenarnya sudah lama berlalu, namun kalau diingat-ingat kembali masih terbanyang jelas diingatan. Yamaha memulai penetrasi pasar segmen skutik pertama kali dengan mengeluarkan produk Yamaha Nouvo Series. Namun sayang waktu itu market masih belum bisa menerima motor skutik, masih jaya-jayanya motor bebek.

Enggak kapok, justru Yamaha kembali menghajar pasar yang masih terbiasa dengan motor bebek dengan motor skutik baru yakni Yamaha Mio. Pertama kali launching pada tahun 2003 Yamaha Mio generasi pertama sebenarnya diperuntukan bagi kaum wanita. Namun siapa sangka penjualan Yamaha Mio langsung booming, nyatanya kaum pria yang tadinya mengganggap skutik ini motor untuk wanita, jadi ikut menikmati juga.

Mulai produksi dari tahun 2003 hingga tahun 2013 total ada 7 juta unit Yamaha Mio yang sudah laku dipasaran. Namun sayang sepertinya Yamaha terlalu pede dengan Yamaha Mio nih guys. Bayangin aja ini motor enggak ada perubahan berarti sejak tahun 2003 hingga 2012. Ada sih penetasan produk baru Yamaha Mio Soul pada tahun 2006, tapi mesinnya masih sama hanya beda body-body. Soul GT dibuat lebih besar karena diperuntukan untuk kaum pria.

Masih lanjut tentang kisah Mio VS Beat, ternyata AHM merespon kehadiran Yamaha Mio dengan Honda Beat pertama kali pada tahun 2008. Singkat cerita akhirnya Yamaha Mio yang tadinya menjadi raja dikelasnya, akhirnya mesti rela tergusur oleh Honda Beat. Ada banyak faktor yang mendukung suksesnya Honda Beat. Sekedar opini saya, mungkin salah satunya faktor kekuatan lembaga pembiayaan kredit AHM yang enggak dimiliki oleh Yamaha. Oh iya satu lagi, kayaknya juga sedikit banyak efek dari jargon irit melekat pada Honda Beat dan kesan boros cukup melekat pada Yamaha Mio (IMHO CMIIW).

All New NMAX Lahir Terinspirasi Dari Kisah Mio VS Beat

Kenangan kisah Mio VS Beat saya kira mungkin masih melekat diingatan Yamaha. Bagusnya Yamaha mengambil pelajaran dan sisi positif dari kejadian tersebut. Yamaha NMAX yang statusnya sama seperti Mio pada masa lampau, yakni sebagai raja dikelasnya sudah memasuki lifecycle 5 tahunan.

Enggak terburu-buru rilis NMAX baru, ternyata Yamaha benar-benar fokus menamkan fitur-fitur yang “mematikan”ย  bagi kompetitor. Coba deh anda bayangkan gimana jadinya kalau Yamaha membandrol All New NMAX Connected ABS diharga 36 jutaan. Harga segitu benar-benar mempet harga ADV 150 ABS loh.

Yah meskipun beda aliran desain antara NMAX dengan ADV 150 namun secara market jika disetel diharga Yamaha rapat. Maka besar kemungkinan akan ada eksodus besar-besaran dari potential buyer ADV 150 ABS ke All New NMAX Connected ABS.

Gimana enggak tergoda sih, dengan harga yang sama namun All New NMAX Connected ABS unggul telak dari berbagai sisi. Mesin canggih 155cc SOHC 4 Valve VVA Blue Core, ABS dual channel depan belakang (bukan depan saja). Belum lagi fitur terobosan baru yakni connected with smartphone.

PCX “di Keroyokย ” NMAX Lama dan NMAX Baru Standar

pasang TCS di NMAX lama

Sedangkan Melawan PCX 150 ABS dan CBS Yamaha masih pede dengan NMAX versi lama. Memang sih NMAX lama masih kurang disektor kunci pengaman, masih menggunakan kunci manual. Namun kekurangan tersebut bisa ditutupi dengan memasang Immobilizer yang memang didesain khusus untuk NMAX. Selebihnya saya rasa Yamaha NMAX masih unggul dari PCX khususnya disektor mesin.

Belum lagi tambahan amunisi dari All New NMAX tipe standar, bayangin deh kalau diset di harga 30jutaan kecil. Beuhh… kusut deh itu market Maxi skutik 150-155cc.

Kali ini saya kasih 4 jempol buat Yamaha yang udah tampil all out dengan NMAX barunya. Belum lagi gembarakan Yamaha XSR155 yang gantengnya alami. Satu lagi juga enggak ketinggalan respon Yamaha dikelas dual purpose dengan menelurkan Yamaha WR155R patut diberi apresiasi. Saya yakin insya Allah Yamaha WR155R kemungkinan bakal merajai kelas dual purpose dalam waktu yang lumayan cepat.

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...