Touring Dari Jambi Ke Mekkah, Begini Perawatan NMAX Selama Perjalanan 20.000 KM

Touring Dari Jambi Ke Mekkah, Begini Perawatan NMAX Selama Perjalanan 20.000 KM

16 Januari 2020 2 By permanatriaz

Kemarin waktu saya posting artikel tentang Touring dari jambi ke Mekkah yang dilakukan oleh bro Lilik. Ternyata cukup banyak yang penasaran dengan kondisi motor yang dipakai yakni Yamaha NMAX lansiran 2015. Lantas sepanjang perjalanan 20.000 kilometer tersebut bagaimana perawatannya, apakah mengalami kendala dijalan, dan lain-lain..?

 Yamaha NMAX yang dikendarai oleh bro Lilik Gunawan terbilang sangat tangguh, terbukti sanggup diajak touring dari Jambi ke Mekkah.Enggak main-main bro, jarak yang ditempuh selama touring ride for moms tersebut tembus hingga 20.000 kilometer!

Waktu rata-rata selama touring beliau riding selama 12 jam setiap harinya dan ini memakan waktu hingga 8 bulan. Terbukti mesin berteknologi DiASil Cylinder & forged piston benar-benar dapat diandalkan  meskipun motor digunakan dengan cukup ekstrim.

Touring Dari Jambi Ke Mekkah Perawatannya Gimana?

Nah ketika saya langsung menanyakan kepada bero Lilik bagaimana kondisi Yamaha NMAX yang beliau gunakan dan perawatannya seperti apa. Saya cukup kaget mendengar penjelasan langsung dari beliau. Saya kira NMAX mengalami kendala serius dijalan terutama disektor mesin, ternyata keliru.

Selama perjalanan sejauh 20.000 kilometer bro Lilik secara berkala mengganti olinya, total sebanyak 12 kali. Jika dihitung rata-rata maka oli diganti setiap 1.600an kilometer. Mengingat perjalan yang beliau lakukan sangat panjang saya kira sangat bijak mengganti oli secara rutin pada jarak tersebut ya. Oh iya, oli yang digunakan adalah oli Yamalube ya bro.

Sedangkan service hanya dilakukan sebanyak 6 kali sepanjang perjalan touring dari Jambi ke Mekkah. Atau jika dihitung rata-rata beliau menservice motornya tiap 3.300an kilometer.

Saya kira saat dalam perjalanan ada pergantian parts disektor mesin dan CVT. Entah itu tensioner, vanbelt, kanvas ganda, pulley dan lain-lain. Ya wajar dong karena jarak yang ditempuh sangat jauh banget bro, 20.000 kilometer. Namun ternyata enggak loh, adapun parts yang rutin diganti selama perjalanan touring hanya kanvas rem dan bearing / klaher roda.

FYI  Yamaha Indonesia juga turut mensuport jalannya touring dari Jambi ke Mekkah ini. Spareparts dari Yamaha FSS Jakarta langsung dikirim ke India melalui mas Yudi dan staff dinkes yang berangkat ke India. Proses pergantian parts juga sempat dilakukan di Yamaha India.

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...