Nyaris Mustahil Yamaha Respon Kawasaki Ninja ZX-25R Dengan Yamaha R25M 4 Silinder!

Nyaris Mustahil Yamaha Respon Kawasaki Ninja ZX-25R Dengan Yamaha R25M 4 Silinder!

8 Agustus 2020 0 By permanatriaz

Meski bukan statement resmi dari pihak Yamaha namun saya yakin betul pendapat saya ini enggak keliru. Ya, Yamaha R25M 4 silinder nyaris tidak mungkin dibuat oleh Yamaha untuk merespon kehadiran Kawasaki Ninja ZX-25R, setidaknya untuk 1-2 tahun kedepan. Kenapa?

Yamaha R25M 4 silinder hampir mustahil dibuat dikarenakan volume penjualan motor 250cc 4 silinder sangat kecil. Jangankan 250cc 4 silinder bro, yang 2 silinder saja pangsa pasarnya sekarang sudah menciut akibat shifting demand ke Maxi Scooter 250cc seperti XMAX. Tentunya semakin besar penjualan sepeda motor maka semakin cepat untuk balik modal & meraup keuntungan.

Berbeda dengan Kawasaki Indonesia yang memang dituntut untuk menghadirkan sesuatu yang baru saat ada segmen andalan sepeda motor mereka yang mulai diisi oleh kompetitor yang jauh lebih besar. Saat segmen sport 250cc 2 silinder yang dulunya dikuasai oleh Kawasaki Ninja 250R namun belakangan diganggu oleh kehadiran CBR250RR dan fenomena shifting deman ke XMAX 250. Maka kehadiran motor baru 250cc 4 silinder satu-satunya yang ada di Indonesia (tentunya didunia juga) diharapkan bakal menjadi senjata andalan Kawasaki selanjutnya.

Memang secara jumlah sudah tentu bakal lebih kecil dibanding motor 250cc 2 silinder, namun dikelas 250cc 4 silinder ini Kawasaki bermain sendiri tanpa lawan.

Yamaha R25M 4 Silinder Sulit Jadi Produk Global

Yamaha Indonesia merupakan pabrikan sepeda motor yang terkenal sudah dipercaya menjadi basis produk global di dunia. Dengan strategi penyerapan global itulah mengapa Yamaha R25 yang dicap enggak laku dipasaran Indonesia bisa terus eksis bahkan terus update hingga saat ini.

Minimnya penyerapan penjualan dipasar domestik enggak menyebabkan R25 di stop produksi, dikarenakan dipasar global R25 laris maniiiiiiss. Apalagi NMAX dan XMAX nih bro, pasar dalam dan pasar luar negeri responnya sangat bagus banget.

Nah pada case rumor Yamaha R2M 4 silinder yang sedang didengung-dengungkan ini berbeda banget, dikarenakan Kawasaki Ninja ZX-25R lebih dikhususkan untuk pasar Asia bukan Eropa (seenggaknya untuk saat ini). Dikarenakan Kawasaki Ninja ZX-25R enggak masuk pasar global, maka kemungkinan besar Yamaha juga enggak bakalan meresponnya denganΒ  mesin 250cc 4 silinder.

Mesin 250cc 2 silinder crossplane

Bakal lain ceritanya kalau rumor yang dihembuskan kalau pabrikan garputala bakal update mesin R25 dengan mesin crossplane. Kalau ini sih kemungkinannya terbuka lebar banget, kalian tau kenapa? Karena sudah sejak lama Yamaha Indonesia dipercaya untuk memproduksi mesin moge 2 silinder crossplane yang dipakai oleh Yamaha MT-07.

Dengan menggunakan mesin crossplane maka bisa menjadi win-win solution baik untuk pasar lokal maupun pasar global, tentunya dengan harga yang masih relatif masuk akal ya bro hehehe.

Urusan suara jangan under estimate dulu ya bro, saya pribadi lebih suka dengar suara MT-07 dengan muffler after market ketimbang moge 600cc 4 silinder. Suaranya tuh sangat unik dan mudah dikenali, wah kalian harus dengar deh bro!

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...