Trik & Cara Lolos Uji Emisi Gas Buang Untuk Mobil & Motor Tua 4 Tak Maupun 2 Tak

Trik & Cara Lolos Uji Emisi Gas Buang Untuk Mobil & Motor Tua 4 Tak Maupun 2 Tak

18 Januari 2021 0 By permanatriaz

Disclaimer: artikel trik & cara lolos uji emisi gas buang ini saya tulis bertujuan agar dapat membantu para pembaca yang akan mengikuti uji emisi gas buang kendaraan bermotor. Adapun tips, trik & cara yang saya sarankan pada artikel ini tidak menjamin keberhasilan saat menjalani uji emisi gas buang.

Oke back to the topic ya bro, uji emisi gas buang saat ini hukumnya sudah menjadi kewajiban bagi kendaraan yang sudah berusia diatas 3 tahun. Bahkan penerapan sanksi sudah mulai berlaku pada tanggal 24 Januari 2021, tinggal menghitung hari saja bro. Tilang dan tarif parkir tetinggi siap dikenakan bagi kendaraan yang enggak lolos uji emisi gas buang & bagi yang enggak mengikuti uji emisi tersebut.

Cara Lolos Uji Emisi Gas Buang

Buat kalian para pemilik mobil tua dan sepeda motor tua jangan pesimis dulu bro, hehehe standar aturannya cukup jelas kok. Mudah-mudahan dengan mengikuti trik dan cara lolos uji emisi berikut ini, saat pengujian bisa beneran lolos ya bro hehehe.

Terkait aturan ambang batas emisi gas buang kendaraan, parameternya mengacu pada Pergub DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2008 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, dengan rincian sebagai berikut ;

– Mobil bensin tahun produksi di bawah 2007, wajib memiliki kadar CO2 di bawah 3,0 persen dengan HC di bawah 700 ppm.

– Mobil bensin tahun produksi di atas 2007, wajib memiliki kadar CO2 di bawah 1,5 persen dengan HC di bawah 200 ppm.

– Mobil diesel tahun produksi di bawah 2010 dan bobot kendaraan di bawah 3,5 ton, wajib memiliki kadar opasitas (timbal) 50 persen.

– Mobil diesel tahun produksi di atas 2010 dan bobot kendaraan di bawah 3,5 ton, wajib memiliki kadar opasitas 40 persen.

– Mobil diesel tahun produksi di bawah 2010 dan bobot kendaraan di atas 3,5 ton, wajib memiliki kadar opasitas 60 persen.

– Mobil diesel tahun produksi di atas 2010 dan bobot kendaraan di atas 3,5 ton, wajib memiliki kadar opasitas 50 persen.

– Motor 2 tak produksi di bawah tahun 2010, CO di bawah 4,5 persen dan HC 12.000 ppm.

– Motor 4 tak, produksi di bawah tahun 2010, CO maksimal 5,5 persen dan HC 2400 ppm

– Motor di atas 2010, 2 tak maupun 4 tak, CO maksimal 4,5 persen dan HC 2.000 ppm.

Tuh perhatikan deh bro, ternyata standar pengujian emisi gas buang enggak dipukul rata loh. Jadi jangan risau kalau mobil dan motor kalian bakal kesulitan untuk lolos uji emisi.

Trik dan Cara Lolos Uji Emisi Gas Buang

Pada dasarnya baik itu kendaraan roda empat, sepeda motor 2 tak maupun 4 tak sebelum mengikuti tes uji emisi gas buang ada baiknya mengikutik trik & cara lolos uji emisi gas buang berikut ini:

-Melakukan service terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar ruang bakar menjadi bersih, enggak ada kerak karbon yang menumpuk.Β  Karena kerak karbon yang paling berpengaruh dalam menentukan hasil uji emisi gas buang.

-Bersihkan filter udara jika kotor, syukur-syukur memang waktunya ganti filter baru

-Gunakan bahan bakar non timbal

-Gunakan knalpot yang dilengkapi dengan catalic converter, FYI bro catalytic converter berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang loh.

Well, demikian artikel tips dan cara lolos uji emisi gas buang kali ini, semoga bermanfaat ya bro!

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...