Jangan Dianggap Remeh, Simak Tips Penting Saat Serah Terima Motor Baru Berikut Ini!

Jangan Dianggap Remeh, Simak Tips Penting Saat Serah Terima Motor Baru Berikut Ini!

25 April 2021 0 By permanatriaz

Membeli sepeda motor baru yang sudah lama di idam-idamkan tentu merupakan moment yang sangat membahagiakan sekali ya bro. Enggak kalah membahagian juga tentunya saat motor baru tersebut tiba dirumah. Namun sayangnya sepertinya masih banyak konsumen yang meremehkan proses serah terima motor baru, sehingga muncul keluhan dan masalah dikemudian harinya.

Jangan keliru ya bro, serah terima motor baru merupakan proses terpenting saat seseorang baru saja membeli sepeda motor baru. Pernah lihat postingan keluhan konsumen disosial media tentang motor baru yang baru saja dibeli..? Misalnya stang tidak center, lampu sein mati sebelah, body lecet, radiator bocor, suara mesin atau CVT kasar, dan lain-lain.

Menurut saya itu semua terjadi dikarenakan konsumen tidak melakukan pengecekan secara teliti, sehingga kekurangan baru diketahui setelah dipakai selama beberapa hari kedepan. Khusus untuk masalah panel cover body lecet, jika sudah terlanjur ditandatangani setahu saya sudah tidak bisa dicomplain ya bro.

Nah, agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari, yuk simak beberapa tips sederhana tapi penting, saat serah terima motor baru berikut ini.

Tips Serah Terima Motor Baru

Cek Panel Cover Body

Bagian pertama yang mesti dicek paling enak itu bagian panel cover body, karena bagian ini merupakan bagian yang paling terlihat ya bro. Pastikan anda melakukan pengecekan ditempat yang terang, agar seluruh spot dapat terpantau dengan jelas.

Jika anda yakin tidak ada bagian cover body yang lecet, baret atau mungkin renggang, anda bisa melanjutkan pengecekan pada bagian yang lain.

Cek Bagian Stang

Saat proses delivery dari plat menuju main dealer / dealer, ada kemungkinan stang diikat agar posisi motor tidak bergeser. Nah untuk memastikan apakah sepeda motor yang anda terima tersebut tidak mengalami masalah stang tidak center, entah karena proses pengiriman atau memang sudah dari sananya begitu, jangan sampai lupa untuk cek kondisi stang ya.

Cek kondisi mesin & kelistrikan

Nah untuk yang satu ini memang agak sulit ya brom karena posisinya agak ngumpet, tapi dikarenakan proses ini sangat penting, mau enggak mau anda harus cek juga dengan teliti.

Nyalakan mesin dan dengarkan dengan seksama, apakah suaranya pada bagian mesin dan CVT normal atau berisik seperti helikopter. Kemudian cek apakah ada rembesan atau tetesan oli dan air radiator pada mesin.

Kemudian sekalian cek juga fungsi lampu dekat, lampu jauh, lampu sein, klakson, hazzard & side stand switch apakah berjalan normal atau tidak.

Terakhir, jangan lupa tanyakan kepada petugas yang mengantar sepeda motor tersebut, apakah anda mendapatkan helm gratis atau tidak. Atau mungkin juga anda dijanjikan hadiah gratis lainnya seperti jacket, rumah plat nomor dan lain sebagainya.

Well, kira-kira begitu bro beberapa poin yang mesti diperhatikan saat proses serah terima motor baru. Barangkali ada teman-teman yang mau berbagi pengalaman tidak mengenakan saat beli motor baru, silahkan coret-coret dikolom komentar ya bro. Agar bisa menjadi pelajaran bagi para pembaca disini.

 

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...