CBU Jepang Bikin Mahal, Sudah Saatnya Yamaha Men-CKD-Kan Moge 2 Silinder di Indonesia!

CBU Jepang Bikin Mahal, Sudah Saatnya Yamaha Men-CKD-Kan Moge 2 Silinder di Indonesia!

20 Mei 2021 0 By permanatriaz

Gemes banget saya ketika mendengar pengumuman resmi harga moge Yamaha MT-07 di Indonesia, mahal bener bro. Coba deh gimana enggak gemes, di Malaysia sana Yamaha MT-07 dibandrol hanya 137jutaan rupiah saja. Bandingkan dengan harga di Indonesia yang tembus 243 juta rupiah OTR DKI Jakarta, lebih mahal 100 juta lebih!

Memang sih harga moge di Indonesia itu nyaris enggak masuk akal karena beban pajak barang mewah, gokilnya lagi harga akan semakin mahal lagi jika moge tersebut impor secara utuh (CBU) apalagi CBU-nya dari Jepang (IMHO CMIIW).

Menurut saya sekarang sudah saatnya Yamaha Indonesia untuk mendatangkan moge 2 silindernya dalam bentuk CKD bukan CBU. Alasannya sedehana, dengan moge datang secara CKD diproduksi/dirakit di dalam negeri, sudah pasti harga moge CKD tersebut menjadi lebih murah ketimbang masuk secara CBU. Hal itu dikarenakan, bagian-bagian moge tersebut dikirim secara terpisah sehingga dapat memangkas biaya pajak/cukai ketika masuk ke Indonesia.

Dengan masuknya moge 2 silinder 700cc Yamaha secara CKD, saya yakin harganya menjadi lebih kompetitif dibanding moge Kawasaki. FYI saat ini Kawasaki Versys 650 dibandrol seharga 180 jutaan rupiah loh.

Apalagi mesin moge Yamaha MT-07, MT-07 Tracer, XSR700 & R7 yang notabene CBU Jepang, ternyata merupakan mesin rakitan Yamaha Indonesia. Jadi enak kan, gak perlu repot-repot kirim mesin ke Jepang lagi?

Duh, udah deh Yamaha Indonesia…. jangan ragu-ragu buat CKD moge tersebut, yakin deh hujan cuan! πŸ˜€

Yamaha R7 2022

Yamaha MT-07

Yamaha MT-07 Tracer

Yamaha XSR700

Facebook Comments
Yuk bagikan artikel ini...