Andai Gak Ada Pajak Barang Mewah, Harga Moge Yamaha MT-07 Mungkin Cuma 120 Jutaan Doang!

Dikenakan beban pajak barang mewah Yamaha MT-07 di Indonesia dijual dengan harga 243 juta rupiah. Jika dibandingkan dengan harga MT-07 di Thailand jelas sangat jauh berbeda, bahkan perbedaannya nyaris setengah lebih murah dari harga di Indonesia!

Serius bro, di Thailand sana moge Yamaha MT-07 dibandrol hanya 289.000 Bath atau sekitar 127 jutaan rupiah saja. Bayangin deh bro jika di Indonesia juga dikasih bandrol yang sama, waduh mepet banget dengan Kawasaki ZX-25R wkwkwkkwkwk.

Bukan cuma Yamaha MT-07 saja yang terjangkau dikarenakan di Thailand enggak ada peraturan pajak barang mewah, moge-moge lainnya juga murah-murah loh. Misalnya Yamaha R6 generasi terbaru yang dibandrol hanya 240 jutaan rupiah, Yamaha TMAX hanya 219 jutaan rupiah dan masih banyak lagi.

Well, ngomong-ngomong soal pajak barang mewah, sebenarnya per Oktober 2021 ini sudah ada revisi penurunan angka. Awalnya moge 500cc keatas dibebankan pajak sebenar 125%, nanti akan turun menjadi 95%. Penurunannya lumayan besar ya 30%, namun menurut saya tetap saja angka 95% masih terlalu besar sehingga harga moge disini jadi enggak masuk akal.

Sedih sih, karena aturan beban pajak barang mewah, kita para pecinta sepeda motor di Indonesia mayoritas hanya bisa mentok sampai motor 250cc saja. Diatas 250cc sudah enggak terjangkau sama sekali, padahal dinegara maju saja ya harga moge masih masuk akal.