Solusi Kampas Rem Cepat Habis: Ubah Kebiasaan Jari Standby Pegang Tuas Rem!

Sering sekali saya mendengar keluhan kampas rem cepat habis di forum-forum sosial media, khususnya para pengendara matic. Padahal solusi kampas rem cepat habis tersebut sebenarnya mudah banget bro, salah-satunya cukup menghilangkan kebiasaan kurang baik saja kok.

Kebanyakan dari mereka yang mengeluh cepat mengalami habis kampas rem, adalah mereka yang punya kebiasaan meletakan jari standby memegang tuas rem cakram. Lantas apa hubungannya antara kampas rem cepat habis dengan jari standby dituas rem?

Ada bro, jadi saat tangan stanbdy pada tuas rem, meskipun sama sekali enggak ada niatan buat ngerem, tanpa sadar saat itu motor sedang mengerem halus karena tekanan jari yang standby. Parahnya lagi tuas rem tertekan dalam kondisi sambil berjalan, sehingga kampas rem tergesek terus sehingga cepat habis.

Butut dari kebiasaan meletakan jari dituas rem enggak cuma itu bro, bahkan bisa berakibat jauh lebih fatal loh. Karena motor ngerem halus tanpa sadar sembari berjalan, itu minyak rem juga kena dampaknya loh. Minyak rem lama-lama panas mendidih & bisa memunculkan angin palsu sehingga bisa mengakibatkan rem blong (CMIIW).

Jadi alangkah baiknya biasakan hanya menekan tuas rem saat dibutuhkan saja ya, selain itu juga terus-terusan taruh jari dituas rem bisa bikin bingung pengendara dibelakang loh bro. Iya, jika switch remnya sensitif, gak kerasa itu lampu remnya nyala loh bro. Ujung-ujungnya balik ke safety lagi, bisa-bisa ditubruk dari belakang sama pengendara lain karena bingung.

Nah ngomong-ngomong soal safety, saya rasa kita mesti angkat jempol buat pabrikan sepeda motor sekarang. Sadar akan pentingnya peran pengereman pada motor matic untuk dapat melakukan kontrol maksimal selama perjalanan. Sekarang beberapa matic 150an cc sudah ada dilengkapi teknologi ABS plus TCS loh bro. 

Yuk tonton video jajal fitur TCS & Dual ABS pada All New NMAX 155 Connected ABS!

All New NMAX 155 Connected ABS jadi yang terdepan urusan perangkat safety dikelas tersebut. Enggak tanggung-tanggung teknologi pengaman ABS dipasang pada kedua pengeremannya baik depan maupun belakang. Teknologi TCS juga disematkan agar makin mudah dikontrol dalam berbagai kondisi jalan baik kering maupun basah.

Saya sendiri sudah merasakan betapa pentingnya fungsi dual ABS dan TCS, khususnya saat berkendara dalam cuaca hujan. Sedikit cerita, dulu saya pernah terjatuh cukup keras saat naik motor ditengah hujan, sehingga menyebabkan rasa trauma.

Biasanya saya naik motor saat hujan hanya berani lari 60-65 kilometer/jam saja, karena takut terjatuh lagi. Namun dengan All New NMAX 155 Connected ABS saya bisa berkendara jauh lebih pede dari biasanya, lari 80 masih berani deh hehehehe.

Serius, fitur dual ABS dan TCS itu berguna banget agar rider tetap bisa melakukan kontrol maksimal kendaraannya dalam segala kondisi jalan.

By the way, jangan sampai telat ganti kampas rem ya bro. Bukan apa-apa loh. kalau dibiarkan ya lama-lama itu piringan cakramnya yang terkikis hehehe.

Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *