Naik Menjadi 12.500/Liter, Harga BBM Pertamax Masih Jauh Lebih Murah Dibanding 7 Negara Tetangga

Terhitung perhari ini pemerintah mengumumkan harga BBM non subsidi jenis Pertamax menjadi Rp.12.500/liter. Meski naik cukup banyak dari harga sebelumnya, ternyata harga BBM Pertamax masih jauh lebih murah dibandingkan dengan 7 negara tetangga di ASEAN loh.

Sebenarnya agak aneh juga sih kalau ada orang atau pihak yang ribut-ribut soal harga BBM Pertamax bakal ada penyesuaian dibulan April 2022. Iya, aneh banget bro, karena Pertamax merupakan jenis BBM non subsidi, jadi harga mengikuti perkembangan yang ada didunia internasional.

Harga BBM Pertamax Masih Terjangkau Dibanding 7 Negara ASEAN Lainnya

Agar kita tetap bisa bersyukur & berfikir logis, yuk kita lihat berapa sih harga BBM Pertamax (sejenis) dibeberapa negara tetangga ASEAN.

  • Thailand Rp 20.300 / Liter
  • Laos Rp 23.300 / Liter
  • Singapura Rp 30.800 / Liter
  • Vietnam Rp 19.000 / Liter
  • Myanmar Rp 16.600 / Liter
  • Kamboja Rp 16.600 / Liter
  • Filipina Rp 18.900 / Liter

Wah, ternyata diluar sana harga BBM sejenis dengan Pertamax mahal-mahal ya bro. Bahkan jika kita compare dengan harga di Singapura, harganya nyaris 2 kali lipat dibandingkan harga disini!

Kalau ada teman-teman yang bertanya, “kok harga yang lebih murah di Malaysia gak dimasukin?”. Hehehehe, Malaysia gak masuk hitungan bro. BBM RON 95 disana kan masih disubsidi sama pemerintah, jadi gak apple to apple kalo kita bandingkan dengan non subsidi.

Sebenernya pada SPBU-SPBU swasta harga BBM RON 92 memang sudah diangka dua belas ribuan sejak kemarin-kemarin kok. Mestinya kita gak kaget lagi.

Kalau kita lihat dari kacamata persaingan usaha, harga Pertamax terlalu murah sehingga harga di SPBU swasta terkesan overprice.

Well, meskipun ada kenaikan harga, tetap gunakan jenis BBM sesuai dengan kompresi mesin & rekomendasi pabrikan ya bro. Jangan coba-coba turun spek, bisa beresiko pada mesin kendaraan kesayangan kamu!

Yuk bagikan artikel ini...

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.