Baru Jalan 2.600 Kilometer Kok Kampas Rem NMAX Cepat Habis?

kampas rem NMAX cepat habis

Kejadian kampas rem NMAX cepat habis ini dialami sendiri oleh kakak saya. Odometer baru masuk 2.611 kilometer loh kok kampas rem belakang sudah minta jajan?

Saya yakin kemungkinan diluar sana juga banyak pengguna NMAX yang mengalami hal yang sama. Mungkin enggak sedikit juga yang menyalahkan kualitas dari parts kampas rem bawaan NMAX. Padahal permasalahannya bukan ada pada kualitas kampas remnya loh bro, namun ada pada gaya berkendaranya.

Yamaha NMAX ini jadi motor matic dengan cakram belakang pertama yang dipakai oleh kakak saya, sebelumnya masih pakai motor tromol. Nah kebiasaan menaruh jari pada tuas rem masih kebawa-bawa saat naik NMAX.

Pada motor dengan pengereman tromol sih aman-aman saja, karena tuas tidak sensitif. Beda halnya dengan sistem pengereman cakram, tersentuh sedikit saja, bisa jadi itu sudah mengerem tipis loh bro. Nah sudahlah lagi ngerem, ditambah lagi dibawa jalan terus. Jadi wajar saja kampas rem NMAX cepat habis.

Bukan cuma bikin kampas rem NMAX cepat habis, hal ini juga beresiko mengakibatkan rem blong. Iya serius, tuas rem ditekan halus secara terus-menerus bisa bikin pengereman panas loh.

Terus gimana biar kampas rem enggak cepat habis? Solusi yang pertama sudah tentu hilangkan kebiasaan meletakan jari pada tuas rem. Awalnya memang susah, seolah seperti merasa enggak aman. Tapi percaya deh, insya Allah lama-kelamaan juga bakal terbiasa kok, hanya memegang tuas rem saat diperlukan saja.

Selain itu, teman-teman bisa berkendara dengan metode eco riding. Eco riding selain bikin hemat BBM juga bisa menghemat kampas rem. Berbeda dengan gaya berkendara yang agresif apalagi arogan, suka lakukan pengereman dan belum lagi kadang juga suka ngerem mendadak.

Well, demikian artikel singkat kali ini, semoga bermanfaat ya bro.

Yuk bagikan artikel ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.